Breaking News:

Biaya Haji Naik Rp 9,1 Juta, Pihak Travel di Pekanbaru Anggap Wajar

Wacana biaya haji naik tahun ini dianggap wajar oleh pihak travel di Pekanbaru. Naik Rp 9,1 juta, sehingga jadi Rp 44,3 untuk nonsubsidi.

Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Asrama Haji Antara Riau Pekanbaru. Wacana biaya haji naik tahun ini dianggap wajar oleh pihak travel di Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Wacana biaya haji naik tahun ini dianggap wajar oleh pihak travel di Pekanbaru.

Adanya wacana kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun 2021 ini yakni sebesar Rp9,1 juta per orang, dimaklumi oleh pihak travel haji dan umroh.

Direktur Utama PT Muhibbah Mulia Wisata, H Ibnu Mas'ud misalnya, menurutnya biaya haji untuk tahun ini wajar terjadi peningkatan dari biasanya.

Pasalnya ada sejumlah fasilitas yang memang tidak bisa dipaksakan seperti dulu, mengingat masa pandemi Covid-19 saat ini.

Ia mencontohkan, perubahan kapasitas tempat duduk di pesawat, yang semula bisa diisi penuh, dikarenakan penerapan protap Covid, sehingga jadi berjarak.

Bisa jadi terisi hanya sekitar 50 persen.

"Ini kaitannya dengan penerapatan protap kesehatan Covid-19. Baik dimasa persiapan keberangkatan, selama di Saudi dan juga saat kembali," kata Ibnu Mas'ud kepada Tribun, Rabu (7/4/2021).

Contoh lainnya dikatakan Mas'ud adalah transportasi darat, yakni bus pengangkut jamaah yang semula diisi bisa 47 orang, sekarang hanya boleh diisi maksimal 21.

"Kemudian juga untuk kamar hotel, yang semula bisa diisi sampai 4 orang sekamar, sekarang boleh diisi dua orang," ulasnya.

Ibnu Mas'ud juga meyakini, calon jamaah juga akan memahami kondisi ini.

Halaman
12
Penulis: Alex
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved