Breaking News:

Muncul Efek Samping Vaksin Covid-19 AstraZeneca, WHO Sebut Manfaatnya Lebih Banyak

Banyaknya kasus yang muncul mengenai pengguna vaksin Covid-19 AstraZeneca, WHO menyatakan vaksin tersebut lebih banyak manfaatnya.

Editor: Ilham Yafiz
ALAIN JOCARD / AFP
Seorang petugas kesehatan menyiapkan suntikan vaksin AstraZeneca / Oxford Covid-19 pada 7 Februari 2021 di Rumah Sakit Mignot di Le Chesnay dekat Paris. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Banyaknya kasus yang muncul mengenai pengguna vaksin Covid-19 AstraZeneca, WHO menyatakan vaksin tersebut lebih banyak manfaatnya.

Kasus efek samping yang ditimbulkan vaksin Covid-19 AstraZeneca yang muncul di sejumlah negara hanya sebagian kecil efek samping vaksin Covid-19 AstraZeneca.

WHO memastikan bahwa manfaat vaksin tersebut jauh lebih besar dibandingkan risikonya.

Direktur Regulasi dan Prakualifikasi WHO, Rogerio Gaspar, pada hari Selasa (6/4) mengatakan bahwa WHO sedang bekerja sama dengan regulator Eropa dan lainnya, sehubungan dengan laporan pembekuan darah.

Dilansir oleh Reuters, pihak regulator Eropa mengatakan memang ada hubungan yang jelas antara vaksin Covid-19 AstraZeneca dan pembekuan darah yang sangat langka di otak.

Namun, penyebab langsung dari penggumpalan tersebut masih belum diketahui.

Badan Medis Eropa (EMA) mengatakan dalam sebuah pernyataan pihaknya masih melakukan peninjauan terhadap vaksin dan diharapkan untuk mengumumkan temuannya pada Rabu atau Kamis waktu setempat.

Sejalan dengan itu, Gaspar juga mengatakan bahwa WHO diharapkan bisa mencapai penilaian baru pada Rabu atau Kamis. Meskipun demikian, ia tetap yakin bahwa manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar daripada risikonya.

"Apa yang dapat kami katakan adalah bahwa penilaian yang kami miliki untuk saat ini, yang sedang dipertimbangkan para ahli, adalah bahwa penilaian masih positif," kata Gaspar, seperti dikutip Reuters.

Berbicara langsung dari konferensi pers di Jenewa, Gaspar mengakui WHO terus melihat sejumlah peristiwa yang merupakan peristiwa langka yang menghubungkan trombositopenia dengan peristiwa tromboemboli.

Peristiwa langka tersebut sekarang dikategorikan dalam hal diagnostik, dalam hal populasi, dalam hal distribusi dalam populasi.

Untuk menjamin penilaian ini, WHO kini telah menjalin hubungan intens dengan berbagai komite ahli nasional untuk mengetahui efek samping dari penggunaan vaksin AstraZeneca.

WHO dan semua pihak yang bekerja masih membutuhkan banyak data lapangan terbaru untuk benar-benar memastik level manfaat serta risiko dari vaksin buatan Inggris tersebut.

( Tribunpekanbaru.com )

Artikel ini sebelumnya tayang di Kontan, https://internasional.kontan.co.id/news/who-yakinkan-manfaat-vaksin-astrazeneca-lebih-besar-dari-risikonya

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved