Breaking News:

Tiga Kades di Riau Selewengkan Bankeu Pemprov Riau, Gubri Syamsuar Keluarkan Warning

Gubri Syamsuar mengeluarkan warning kepada seluruh Kades di Riau agar berhati-hati menggunakan anggaran yang bersumber dari Bankeu Pemprov Riau.

Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono
Gubernur Riau Syamsuar. Gubri Syamsuar mengeluarkan warning atau peringatan kepada seluruh Kades di Riau agar berhati-hati menggunakan anggaran yang bersumber dari Bankeu Pemprov Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubri Syamsuar mengeluarkan warning atau peringatan kepada seluruh Kades di Riau agar berhati-hati menggunakan anggaran yang bersumber dari Bankeu Pemprov Riau.

Kepala Desa (Kades) diingatkan agar menggunakan dana tersebut sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Peringatan tersebut disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bukan tanpa alasan.

Hal tersebut ditegaskan Gubri menyusul temuan ada tiga kepala desa di Provinsi Riau terpaksa diperiksa Inspekstorat Riau karena diduga melakukan penyalagunaan anggaran bantuan keuangan (Bankeu) desa dari Pemprov Riau tahun 2019 sebesar Rp200 juta.

"Ini sudah ada Kades yang diperiksa Inspektorat Riau karena melakukan penyelewengan bantuan keuangan," kata Gubri, Rabu (7/4/2021).

Adanya temuan tersebut membuat Gubri kesal.

Sebab Bankeu tersebut diberikan Pemprov Riau ke pemerintah desa bukan untuk kepentingan pribadi kepala desa.

Namun digunakan untuk kepentingan masyarakat di desa tersebut.

"Mungkin dianggapnya duit itu duit dia. Duit bantuan keuangan itu bukan duit dia, tapi duit pemerintah, duit rakyat. Jadi jangan dianggap duit itu masuk kantong saku kanan kantong kiri," ujar Gubri Syamsuar menyindir kepala desa yang coba-coba menyelewengkan dana di desa.

Lebih lanjut Gubri menjelaskan, berdasarkan laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Riau kepala desa tersebut tidak melaporkan tanggung jawabnya setelah menerima bantuan keuangan.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved