Breaking News:

Penahanan Zulkifli AS Akan Dipindah ke Pekanbaru, Ini Perjalanan Kasus yang Menjerat Walikota Dumai

Permohonon pemindahan tahanan Zul As dari Rutan Polres Metro Jakarta Timur ke Pekanbaru akhirnya dikabulkan Majelis Hakim

TRIBUNNEWS / JEPRIMA
Tersangka Wali Kota Dumai periode 2016-2021, Zulkifli Adnan Singkah ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Mantan Walikota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah atau Zul AS, terdakwa perkara dugaan korupsi suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Dumai dalam APBN-P 2017 dan APBN 2018 mengajukan pemindahan penahanan ke Pekanbaru.

Permohonon pemindahan tahanan Zul As kasus korupsi DAK Dumai dari Rutan Polres Metro Jakarta Timur ke Pekanbaru akhirnya dikabulkan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

"Menetapkan mengabulkan permohonan tersebut, memerintahkan penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi untuk melakukan pemindahan penahanan terdakwa dari Rutan Polres Metro Jakarta Timur ke Rutan Klas I Pekanbaru," kata hakim diketuai Lilin Herlina, dalam sidang lanjutan yang digelar Rabu (7/4/2021).

Hakim juga meminta agar terdakwa Zul AS supaya memenuhi segala persyaratan terkiat pemindahan tersebut, serta tetap memperhatikan protokol Covid-19 yang berlaku.

Menanggapi hal tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan, pada dasarnya pihaknya siap menjalankan penetapan dari majelis hakim tersebut.

Baca juga: KPK Tahan Walikota Dumai Zulkifli AS, Sekdako Akan Segera Berkoordinasi dengan Gubernur Riau

Baca juga: BREAKING NEWS: KPK Tahan Walikota Dumai Zulkifli AS, Tersangka Dugaan Tipikor Dana DAK Kota Dumai

Baca juga: Mardianto dan Zulkifli Resmi Dilantik Jadi Anggota DPRD Riau, Gantikan Asri Auzar dan Komperensi

"Nanti akan kami koordinasikan ke kantor untuk proses pelaksanaan penetapannya, pemindahan (terdakwa) ke sini (Pekanbaru)," sebut JPU KPK, Yosi.

Ditanyai kapan waktunya, Yosi menyebut jika penetapan majelis hakim ini akan dilaksanakan segera.

Namun karena baru hari ini dibacakan, maka pihaknya akan melakukan koordinasi dulu terkait teknis dan jadwal pemindahan penahanan terdakwa.

Sementara itu, dalam agenda sidang yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini, adalah mendengarkan keterangan 2 orang saksi.

Mereka adalah Mukhlis selaku mantan Kabid Infrastruktur Bappeda Dumai dan Nanang mantan staf Bidang Ekonomi Bappeda Dumai.

Walikota Dumai, Zulkifli AS.
Walikota Dumai, Zulkifli AS. (Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang)
Halaman
1234
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved