Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Titik Api di Desa Sokoi & Sungai Ara Telah Padam, BPBD: Karhutla di Pelalawan Tuntas

Bara api dari kayu serta yang tersembunyi di dalam tanah mengeluarkan asap cukup tebal dan dikuatirkan akan berubah kembali menjadi titik api.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Pelalawan Riau akhirnya bisa dipadamkan secara total.

Tidak ada lagi asap yang muncul dari lahan bekas terbakar pada Rabu (07/04/2021).

Karhutla di Desa Sokoi Kecamatan Kuala Kampar yang sehari sebelumnya masih mengeluarkan asap dari lahan bekas terbakar.

Bara api dari kayu serta yang tersembunyi di dalam tanah mengeluarkan asap cukup tebal dan dikuatirkan akan berubah kembali menjadi titik api.

Alhasil setelah dikeroyok oleh tim darat personil gabungan dan dibantu oleh helikopter yang melakukan water bombing, titik asap bisa teratasi sebelumnya.

"Proses pendinginan yang dilakukan tim darat dan helikopter akhirnya berhasil pada sore kemarin. Tak ada lagi asap yang muncul," terang Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Abu Bakar FE, kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (07/04/2021).

Abu Bakar menerangkan, titik asap lain yang terpantau di Desa Sungai Ara Kecamatan Pelalawan juga sudah padam total. Pemadaman dilakukan tim darat personil dari berbagai instansi.

Api yang terpantau sejak tiga hari yang lalu berhasil dikuasai petugas dan dilanjutkan dengan pendinginan untuk menghilangkan asap. Setelah disirami selama satu hari, lahan bekas terbakar akhirnya bersih dari sisa bara api yang menghasilkan asap.

"Untuk lokasi di Desa Sungai Ara, lahan yang terbakar seluas empat hektar. Lahan kosong dan semak belukar," tambah Abu Bakar.

Kepala Satpol PP dan Damkar Pelalawan ini menyebutkan, personil gabungan yang terlibat yakni Satpol PP dan Damkar, BPBD, TNI, polri, tim rayon kecamatan, masyarakat, dan perusahaan swasta.

Seluruh personil telah ditarik dari lokasi Karhutla lantaran api sudah padam. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved