Breaking News:

Video Berita

VIDEO: TPID Pekanbaru Akan Terus Pantau Ketersedian Pangan Pokok di Pasar

Persediaan bahan pangan pokok di pasar-pasar di Pekanbaru jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H sangat cukup dan memadai.

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Persediaan bahan pangan pokok di pasar-pasar di Pekanbaru jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H sangat cukup dan memadai.

Untuk itu masyarakat Pekanbaru jangan khawatir akan kehabisan stok bahan pangan pokok.

Kemudian Pemerintah Kota Pekanbaru juga akan terus memantau ketersedian bahan pangan pokok agar tidak terjadi penimbunan dan juga menjaga kestabilan harga bahan pangan pokok terutama jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Pekanbaru bersama-sama dengan Bank Indonesia, Kepolisian Resort Pekanbaru, Bulog Divre Pekanbaru Kepri, dan seluruh instansi terkait senantiasa bersinergi dan berkoordinasi erat dalam rangka menjaga ketahanan pangan menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri tahun 2021 / 1442 Hijriah.

"Kami juga akan berusaha menstabilkan harga bahan pangan pokok, sebagai bagian dari penguatan Program Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Jamil kepada wartawan, Kamis (8/4).

Jadi tujuan TPID Pekanbaru dalam menjaga ketahanan pangan adalah untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat Pekanbaru bahwa pangan pokok di Kota Pekanbaru memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, sehingga masyarakat dapat berbelanja sesuai dengan harga yang stabil.

"Masyarakat jangan khawatir, karena ketersediaan bahan pangan pokok di Pekanbaru berada pada jumlah yang memadai dalam periode bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Namun untuk mengantisipasi lonjakan permintaan, cadangan kecukupan bahan pokok dapat sewaktu-waktu kita tingkatkan, sejalan dengan telah disepakatinya Kerjasama Antar Daerah (KAD) tanggal 22 April 2020 oleh Kepala Daerah se-Sumatera untuk menjamin kecukupan pasokan bahan pangan pokok di masing-masing Kota," ucap Jamil. 

Bahkan tambah Jamil, BUMD Pemkot Pekanbaru di bidang ketahanan pangan, PT Sarana Pangan Mandiri, juga akan memperluas kerjasama dengan berbagai pihak baik dari jenis komoditas maupun dari sisi kuantitas. 

"Kemudian TPID Pekanbaru akan selalu memantau jumlah persediaan bahan pangan pokok di pasar-pasar di Pekanbaru dan mengawasi pergerakan harga bahan pangan pokok di tingkat distributor dan pedagang yang bekerja sama dengan Satgas Pangan Polres Pekanbaru," ungkap Jamil.

Satgas Pangan kata Jamil lagi, akan menindak tegas oknum-oknum distributor dan pedagang yang diduga sengaja melakukan penimbunan bahan pangan pokok dan/atau membuat harga menjadi tidak wajar. "Oleh karena itu TPID Pekanbaru melalui Pemerintah Kota Pekanbaru juga berkomitmen menjaga kelancaran jalur distribusi bahan pangan pokok di tengah cuaca hujan yang diprediksi berlanjut selama bulan Ramadhan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Rino Syahril
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved