Breaking News:

21 Tahun Merdeka Dari Indonesia, Timor Leste Belum Juga Punya Mata Uang Sendiri

Hingga saat ini, negara berjuluk bumi Loro Sae itu menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat dan juga mata uang Centavos.

Tribunnews
Timor Leste 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pasca 21 tahun merdeka dari Indonesia, Timor Leste atau Republik Demokratik Timor Leste ternyata belum juga memiliki mata uang sendiri. 

Hingga saat ini, negara berjuluk bumi Loro Sae itu menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat dan juga mata uang Centavos.

Dalam 100 Centavos senilai 1 USD.

Sebelumnya, negara bekas jajahan Portugis dan wilayah Indonesia ini menggunakan Rupiah Indonesia sebagai mata uang resmi mereka.

Dilansir dari wsws.org pada Sabtu (3/10/2020), Administrasi Transisi PBB di Timor Timur (UNTAET) mengumumkan pada Januari 2020 bahwa Dollar Amerika akan menjadi mata uang resmi Timor Leste.

Sehingga transaksi pemerintah harus dilakukan dalam Dollar Amerika.

Seperti gaji pegawai negeri, pajak, dan pembayaran lainnya.

UNTAET mengatakan langkah tersebut telah diadopsi oleh 15 anggota Dewan Konsultasi Nasional (NCC), yang mencakup tujuh perwakilan dari koalisi nasionalis Timor Leste, Dewan Perlawanan Nasional Timor Leste (CNRT).

Pengumuman tersebut diikuti dengan konferensi pers bersama para pejabat dari PBB dan CNRT.

Seorang tokoh senior CNRT, Joao Carrascalao, presiden Uni Demokratik Timor (UDT), sangat ingin menghilangkan kesan tentang kurangnya kedaulatan ekonomi.

Halaman
12
Editor: Guruh Budi Wibowo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved