Breaking News:

Soal Penetapan Awal Puasa Ramadhan, Kemenag Pantau Hilal di 86 Lokasi Indonesia Ini, Apa itu Hilal?

Apa itu Hilal, Hilal adalah tanda petunjuk atau penanda waktu dan merupakan satu kesatuan sistem waktu yang terdiri dari hari, bulan dan tahun.

Riki
pengamatan rukhyatul hilal yang dilakukan Kemenag 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kemenag akan melakukan pemantauan hilal guna penetapan awal ramadhan 2021.

Apa itu hilal?

Hilal adalah tanda petunjuk atau penanda waktu dan merupakan satu kesatuan sistem waktu yang terdiri dari hari, bulan dan tahun.

Umat muslim selalu melontarkan pertanyaan mendasar terkait penentuan awal bulan, yakni tentang hilal.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menurunkan sejumlah pemantau hilal di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia untuk Ramadan 1442 H.

Sementara itu sidang isbat penetapan awal puasa Ramadan 1422 H bakal digelar di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, pada 12 April 2021.

“Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Syakban 1442 H,” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Karena masih dalam situasi pandemi Covid 19, rencananya sidang isbat akan digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Sidang tersebut juga akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sejumlah ormas Islam yang dijadwalkan hadir antara lain Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah. Selain itu ada juga ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring.

Halaman
1234
Editor: Hendri Gusmulyadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved