Breaking News:

Gejala Long Covid Bagi Penderita Penyakit Kronis, Tingkatkan Kewaspadaan, Lakukan Hal Ini

Pandemi Virus Corona, Covid-19 masih belum berlalu, kendati vaksin sudah ditemukan dan digunakan di sejumlah negara.

ANDREAS SOLARO / AFP
Seorang petugas medis mengisi jarum suntik dari botol vaksin covid-19. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pandemi Virus Corona, Covid-19 masih belum berlalu, kendati vaksin sudah ditemukan dan digunakan di sejumlah negara.

Di Indonesia, kasus penularan virus Covid-19 masih berlanjut.

Berdasarkan data Center for Systems Science and Engineering (CSSE) per 11 April 2021, Indonesia menempati urutan pertama dengan kasus Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara mencapai 1.566.995 kasus.

Dari total tersebut, jumlah kasus yang meninggal mencapai 42.530 jiwa dan sembuh 1.414.507 orang.

Namun tingginya angka kesembuhan masih menyisakan kekhawatiran bagi para “alumni Covid-19” yaitu gejala Covid-19 lebih lama dari biasanya atau disebut Long Covid, terlebih bagi yang memiliki penyakit kronis.

Dr. Edward Suryajaya, Medical Consultant Lifepack.id mengungkapkan, mantan penderita Covid-19 yang memiliki penyakit kronis tetap memerlukan pengobatan rutin, agar kondisi penyakitnya tidak memunculkan komplikasi ke organ yang lain.

Terlebih adanya Long Covid, di mana pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

"Jadi, bagi penderita penyakit kronis diperlukan kewaspadaan yang tinggi untuk dapat menjaga kepatuhan pengobatannya. Karena mayoritas penderita Covid-19 dapat mengalami Long Covid,” kata dia, dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Senin (12/4/2021).

Berdasarkan hasil survei kepada 463 pasien yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Persahabatan, dalam rentang Desember 2020 hingga Januari 2021, ditemukan terdapat 63,5% pasien di antaranya mengalami Long Covid dengan menimbulkan berbagai macam gejala.

Gejala Long Covid mirip dengan penderita Covid-19 pada umumnya seperti kelelahan, sesak nafas, batuk, nyeri sendi dan otot, dada berdebar, nyeri dada, gangguan indera penciuman, demam, susah tidur, dan sakit kepala.

Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved