Breaking News:

Gubri Syamsuar Imbau Masjid di Wilayah Zona Merah Covid-19 di Riau Tidak Laksanakan Tarawih

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubri Syamsuar mengimbau masjid di wilayah zona merah Covid-19 di Riau agar tidak melaksanakan salat tarawih selama bulan Ramadan.

Namun masjid dan musala di wilayah yang relatif sedikit kasus Covid-19 sudah boleh melakukan ibadah shalat tarawih dan tadarus.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami harapkan dukungan dari MUI dan para ulama yang ada di Provinsi Riau untuk sama-sama mensosialisasikan ini. Tentunya kita sudah tahu, pemerintah dalam hal ini melalui Menteri Agama telah memutuskan bolehnya sholat di masjid dan musala, pada ramadan kali ini" kata Syamsuar, Selasa (13/04/2021).

Meski masjid dan musala sudah diizinkan untuk melaksanakan salat tarawih dan tadarus, namun Gubri Syamsuar mengingatkan agar masyarakat yang melaksanakan salat di masjid atau musala menyesuaikan zonanya.

Gubri melanjutkan, misalnya di lokasi masjid atau musala yang berada di zona merah untuk melangsungkan salat di rumah saja.

"Harus mengacu pada zona-zona yang ada, baik zona merah, oranye, kuning dan hijau yaitu khusus zona merah perlu nanti kita kendalikan. Artinya kalau memang tidak memungkinkan zona merah ini nanti untuk sholat, lebih baik sholat di rumah dari pada sholat di masjid atau musala," ujarnya.

Selain itu, Gubri Syamsuar juga kembali mengingatkan surat edaran Menteri Agama terkait jumlah jemaah sholat maksimal 50 persen dari kapasitas masjid maupun musala.

Menjaga jarak, memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan.

"Setidaknya memang 50 persen sesuai dengan surat edaran dari Menteri Agama. Ini perlu mendapatkan perhatian dan dukungan dari masjelis ulama kita, agar nanti masyarakat melaksanakan himbauan tersebut. Dengan demikian, tidak ada penyebaran virus Covid-19 di masjid dan musala," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Berita RIau lainnya

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved