Breaking News:

Jalankan Prokes Ketat, Tadarus di Masjid Agung Ar-Rahman Dibatasi Hanya untuk Warga Sekitar

Aktifitas tadarus di Masjid Agung Ar-Rahman Pekanbaru aktivitas tadarus hanya dilakukan untuk warga sekitar, dan dengan Prokes ketat.

Penulis: Alex | Editor: Ariestia
TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
Ilustrasi - Tadarus. Aktifitas tadarus di Masjid Agung Ar-Rahman Pekanbaru aktivitas tadarus hanya dilakukan untuk warga sekitar, dan dengan Prokes ketat. 

Aktifitas tadarus di Masjid Agung Ar-Rahman Pekanbaru aktivitas tadarus hanya dilakukan untuk warga sekitar, dan dengan Prokes ketat.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Selain pelaksanaan salat tarawih, ibadah lainnya yang menjadi rutinitas dilaksanakan di masjid pada malam hari adalah tadarus, atau membaca Al Quran, yang biasanya dilakukan secara bergantian.

Peserta tadarus biasanya adalah dari remaja masjid, warga sekitar, atau siapapun yang datang ke masjid untuk mengikuti tadarus.

Dalam masa pandemi ini, pemerintah lebih melonggarkan aktivitas ibadah dimalam hari Ramadan, dibandingkan tahun lalu, namun tetap dengan menjalankan protokol kesehatan. Salah satunya waktu berada di masjid dibatasi, hingga pukul 22.00 WIB.

Di Masjid Agung Ar-Rahman Pekanbaru misalnya, semua aktivitas Ramadan pada malam hari bisa dilakukan oleh jamaah, termasuk tarawih, hingga tadarus.

Namun untuk pelaksanaan tadarus, pengurus masjid membatasi hanya untuk 10 orang saja, dan khusus hanya untuk warga sekitar, tidak termasuk untuk musafir.

"Tadarus kita batasi hanya untuk 10 orang, dan warga sekitar. Untuk musafir tidak kita terima sementara, untuk menjaga protokol kesehatan. Waktunya paling lama pukul 22.00 WIB. Tapi tadi malam pukul 20.30 WIB sudah selesai semua," kata salah seorang pengurus Masjid Agung Ar-Rahman Pekanbaru kepada Tribun, Selasa (13/4/2021).

Dikatakan Hasyim, kegiatan itu akan diterapkan pihaknya setiap malam selama Ramadan, sehingga ibadah Ramadan tetap terlaksana dan protokol kesehatan dijalankan, demi kebaikan jamaah dan semua pihak.

"Kalau pun ada yang masih ingin tadarus setelah pukul 22.00 WIB, maka akan kita anjurkan untuk melanjutkannya di rumah masing-masing," tuturnya. (Tribunpekanbaru.com/Alexander)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved