Breaking News:

Perusahaan Wajib Bayar THR Karyawan, Ini Aturan yang Dikeluarkan Menaker Ida Fauziyah

Pemerintah telah menegaskan kepada perusahaan untuk membayar kewajiban THR tahun 2021 bagi karyawannya.

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
THR Karyawan Swasta 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah telah menegaskan kepada perusahaan untuk membayar kewajiban THR tahun 2021 bagi karyawannya.

Sementara untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) THR diperkirakan cair pada 10-14 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Hal tersebut diprediksi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berikut peraturan lengkap yang dikeluarkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah khusus untuk pembayaran THR bagi karyawan swasta.

Diketahui Menaker mengeluarkan peraturan tentang THR 2021 yang ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia.

Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Dalam surat edaran tersebut, dijelaskan membayar THR karyawan merupakan kewajiban perusahaan.

“Pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh. Pemberian THR Keagamaan bagi pekerja/buruh merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan. Secara khusus, dalam masa pemulihan ekonomi ini, THR tentu dapat menstimulus konsumsi masyarakat yang mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Menaker dikutip dari laman Setkab, Senin (12/04/2021).

Sueat Edaran pelaksanaan THR didasarkab pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Aturan pemberian THR 2021

Halaman
123
Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved