Breaking News:

Safari Ramadhan 2021 Ditiadakan, 12 Masjid Ini Batal Dikunjungi Gubernur Riau Syamsuar

Gubernur Riau Syamsuar memutuskan untuk tidak melaksanakan safari ramadhan pada ramadan tahun ini.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Gubernur Riau Syamsuar melaksanakan salat tarawih dan witir pertamanya di Masjid Raya An-Nur, Pekanbaru, Senin (12/4/2021). Gubernur Riau Syamsuar memutuskan untuk tidak melaksanakan safari ramadhan pada ramadan tahun ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar memutuskan untuk tidak melaksanakan safari ramadhan pada Ramadhan tahun ini.

Sebab saat ini sedang dalam masa Pandemi Covid-19. Sehingga untuk mencegah terjadinya kerumunan yang bisa menyebabkan penularan Covid Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, meniadakan kegiatan berkeliling daerah dari masjid ke masjid untuk melaksanakan safari Ramadhan.

"Tahun ini tidak ada safari Ramadhan, karena dikhawatirkan bisa menimbulkan kerumunan yang bisa menyebabkan penularan COVID-19," kata Gubri Syamsuar, Selasa (13/4/2021).

Selain khawatir terjadi kerumunan, pada kegiatan safari Ramadhan juga biasanya diawali dengan kegiatan buka puasa bersama. Hal tersebut juga berbahaya jika dilaksanakan saat pandemi COVID-19 karena peserta membuka masker.

"Buka puasa bersama saat kondisi pandemi sangat berbahaya. Karena orang berkumpul dan membuka masker, resiko untuk tertular COVID-19 sangat tinggi," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubri Syamsuar juga mengingatkan kepada masyarakat saat melakukan ibadah di masjid atau mushalla, tetap harus mengacu pada status zona wilayahnya masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan ibadah harus menerapkan protokol kesehatan, ini tentunya untuk menghindari penularan Covid-19," kata Gubri.

Sebelumnya Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur, mengungkapkan sedikitnya ada 12 masjid kabupaten/kota yang akan dikunjungi Gubernur Riau dalam Safari Ramadhan, diantaranya Masjid Ar-Rahman, Desa Banglas, Kabupaten Kepulauan Meranti, Masjid At-Taqwa, Muara Basung, Bengkalis, Masjid Sultan Syarif Kasim, Komplek Islamic Center, Siak.

Kemudian Masjid Mifztahul Zannah, Tembilahan Hilir, Indragiri Hilir , Masjid Ar-Rahman, Kampung Besar, Kota Rengat, Indragiri Hulu, Masjid Agung Ulil Azmi, Pangkalan Kerinci, Pelalawan dan Masjid Al-Ikhlas, Kampung Petai, Kampar Kiri Hilir, Kampar

Selanjutnya Masjid Islamic Center, Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Masjid Nurul Falah, Gunung Toar, Kuantan Singingi, Masjid Agung Al-Ikhlas, Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Masjid Nurul Yaqin, Pangkalan Sesai, Kota Dumai dan Masjid Agung Ar-Rahman, Kota Pekanbaru.

Namun belakangan Gubri Syamsuar membatalkan kunjungan safari Ramadhannya ke masjid -masjid tersebut karena tidak ingin kegiatan tersebut justru menimbulkan kerumunan dan menjadi kluster penularan Covid-19. (Trbiunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Berita Riau lainnya

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved