Breaking News:

Sekelompok Gajah Sumatera di Riau Rusak Kebun Warga, Gajah Liar Itu Cari Makan, Ini Kata BBKSDA Riau

Gajah Sumatera  adalah kelompok gajah yang ada di pulau Sumatera dan pada umumnya merupakan gajah liar termasuk Gajah Sumatera di Riau

Tribun Pekanbaru/Johanes Wowor Tanjung
Sekelompok Gajah Sumatera di Riau Rusak Kebun Warga, Gajah Liar Itu Cari Makan, Ini Kata BBKSDA Riau. Foto: Tim BBKSDA Riau lakukan mitigasi dibantu beberapa pihak 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Gajah Sumatera atau Elephas Maximus Sumatranus adalah kelompok gajah yang ada di pulau Sumatera dan pada umumnya merupakan gajah liar termasuk Gajah Sumatera di Riau .

Setelah Gajah Sumatera di Riau yang merupakan kelompok gajah liar masuk ke Dusun Tambun Kelurahan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau beberapa waktu lalu berhasil digiring, kali ini gajah liar kembali muncul di Desa Betung Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau . 

Kelompok Gajah Sumatera di Riau yang merupakan gajah liar ini diperkirakan sebanyak dua ekor, gajah liar ini terlihat di perbatasan Desa Tanjung Beringin dan Desa Betung, Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau sejak Senin (12/04/2021) lalu.

Satwa langka itu masuk ke kebun masyarakat yang ada di sekitar desa untuk mencari bahan makanan.

Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA Riau kembali menurunkan tim ke lokasi melakukan mitigasi konflik.

"Diperkirakan minimal ada dua ekor gajah yang muncul di Desa Betung.

Ukuran tidak terlalu besar atau masih remaja," ungkap Kepala Seksi Konservasi Wilayah l BBKSDA Riau Sugito, kepada Tribunpekanbaru.com pada Selasa (13/04/2021).

Sugito menerangkan, tim turun untuk memantau pergerakan gajah bersama personil dari instansi lainnya dan merencanakan pengiringan agar kembali ke kawasan hutan sebagai habitatnya.

Hasil pantauan sementara, binatang bongsor itu mendiami hutan pohon Sialang yang ada di Desa Betung.

Luas kawasan hutan tersebut diprediksi seluas 20 hektar dan dinilai bisa menjadi tempat tinggal sementara hewan tersebut. 

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved