Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Hilal Awal Ramadhan 1442 H Tak Terlihat di Kota Dumai‎, Ternyata Ini Penyebabnya

"‎Rukyatul Hilal awal ramadhan 1442 tidak terlihat di kota Dumai,  akibat tertutup asap dan awan tebal, ini lah yang menyebabkan Hilal tak terlihat,"

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Kota Dumai, yang berjulukan kota Pelabuhan, menjadi pusat kegiatan rukyatul Hilal awal ramadhan 1442 H/2021 Masehi di Provinsi Riau, pada Senin (12/4/2021). 

Kegiatan kegiatan rukyatul Hilal awal ramadhan 1442 provinsi Riau, yang dipusatkan di kota Dumai, ini dihadiri oleh Walikota Dumai, Paisal didampingi Kakan Kemenag Dumai, Syafwan dan perwakilan Kanwil Kemanag Riau. 

Bahkan, Walikota Dumai, Paisal juga ikut mengintip rukyatul Hilal awal ramadhan‎ menggunakan alat teleskop, yang berada di atas gedung tertinggi kota Dumai, yakni  The Zuri hotel. 

Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat matahari terbenam menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam.

Kabid Urais Kanwil Kemenag Dumai, Afrialsah ‎Lubis mengungkapkan, bahwa kota Dumai, dipilih sebagai pusat kegiatan rukyatul Hilal awal ramadhan 1442 provinsi Riau, karena memang dari lokasi dan tepat melihat Hilal sudah sangat bagus dan tepat, terlebih dekat dengan laut. 

Namun, tambahnya,  saat dilakukan pengamatan menggunakan teleskop atau teropong yang terkomputerisasi, rukyatul Hilal awal ramadhan 1442 tidak terlihat di kota Dumai

"‎Rukyatul Hilal awal ramadhan 1442 tidak terlihat di kota Dumai,  akibat tertutup asap dan awan tebal, ini lah yang menyebabkan Hilal tak terlihat," katanya. 

Ia menjelaskan, ‎untuk melihat hilal, pihaknya membawa alat teleskop dari Pekanbaru, pengamatan dipusatkan di lantai 12 Hotel The Zuri Dumai, saat dilakukan pengamatan, Hilal tidak terlihat akibat tertutup awan tebal. 

"Posisi hilal saat itu terpantau 3 derajat dari ufuk, pada Pukul 18.19 WIB, namun memang tidak terlihat akibat asat awan tebal," sebutnya.

Meskipun tidak terlihat dari Dumai, tambahnya, dirinya yakin daerah lain pasti ada yang melihat hilal, karena ada 86 titik pemantauan, termasuk Dumai.

"Hasil pemantauan kami pada hari ini, akan kami laporkan ke Pusat, dan nanti akan ada sidang isbat menentukan awal puasa," sebutnya. 

Sementara, Walikota Dumai, Paisal mengucapkan terimakasih kepada Kanwil Dumai, yang memilih kota Dumai, sebagai pusat rukyatul Hilal awal ramadhan 1442. 

"Memang tadi udah bagus cuacanya dan saya berharap bisa melihat Hilal dari kota Dumai, namun Allah.SWT berkehendak lain, Hilal tak terlihat akibat awan tebal, semoga tahun depan bisa terlihat di kota Dumai," ucapnya. 

Meskipun Hilal tak terlihat, tambah Paisal, namun masih ada titik titik lainya, ia meminta kepada masyarakat untuk tetap menjalankan ibadah di bulan ramadhan dengan penuh semangat. 

"Ingat selalu jalankan dan terapkan protokol kesehatan, saya minta kepada pengurus mesjid dan musholla untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya. 

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: didik ahmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved