Breaking News:

Covid-19 Meledak di India, Ritual Keagamaan di Sungai Gangga Langgar Protokol Kesehatan

Infeksi Virus Corona, Covid-19 di India melonjak tinggi, ritual keagamaan di sungai gangga jadi sumber baru penularan.

Xavier GALIANA / AFP
Seorang Sadhu yang memakai masker wajah berenang di sungai Gangga selama festival keagamaan Kumbh Mela yang sedang berlangsung di Haridwar pada 12 April 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Infeksi Virus Corona, Covid-19 di India melonjak tinggi, ritual keagamaan di sungai gangga jadi sumber baru penularan.

Jumlah infeksi virus corona di India mencatat rekor baru pada hari Rabu (14/4/2021) pasca ritual keagamaan berlangsung di Sungai Gangga.

Melansir Reuters, India melaporkan 184.372 kasus dalam 24 jam terakhir. Dengan ini total infeksi menjadi 13,9 juta di seluruh negeri.

Angka kematian turut bertambah 1.027, menjadi 172.085 korban jiwa.

Ratusan ribu umat Hindu berkumpul untuk mandi di sungai Gangga pada hari Rabu, menandai hari ketiga dari Kumbh Mela yang akan berlangsung selama berminggu-minggu.

Inspektur Jenderal Polisi Sanjay Gunjyal yang mengawasi acara keagamaan tersebut mengatakan sekitar 650.000 orang telah mandi di Sungai Gangga pada Rabu pagi.

"Orang-orang tetap didenda karena tidak mengikuti jarak sosial di area pemandian yang sepi, tetapi sangat sulit untuk mendenda orang di titik pemandian utama yang ramai," ungkap Gunjyal, seperti dikutip Reuters.

Berdasarkan data pemerintah, sudah ada lebih dari seribu kasus Covid-19 dilaporkan di distrik Haridwar yang ada di sekitar Sungai Gangga dalam dua hari terakhir.

Lonjakan ini diduga terkait festival yang tengah berlangsung.

India saat ini menjadi negara paling parah di dunia sejak 2 April jika dilihat dari jumlah kasus hariannya.

Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved