Breaking News:

Mudik Dilarang, Pemkab Masih Perbolehkan Objek Wisata di Inhu Tetap Buka

Objek wisata di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tetap diperbolehkan dibuka selama libur lebaran mendatang meski mudik dilarang.

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: Ariestia
istimewa
FOTO ILUSTRASI - Inhu. Objek wisata di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tetap diperbolehkan dibuka selama libur lebaran mendatang meski mudik dilarang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Objek wisata di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tetap diperbolehkan dibuka selama libur lebaran mendatang meski mudik dilarang.

Hal ini sesuai hasil wawancara yang dilakukan Tribunpekanbaru.com dengan Kepala Bidang Pariwisata di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Inhu, Lishaizar, Kamis (15/4/2021).

Lishaizar menerangkan sampai saat ini pihaknya belum ada mengeluarkan kebijakan menutup objek wisata. Berbeda dengan momen lebaran setahun lalu, saat pandemi mulai mengganas di Kabupaten Inhu.

"Tahun lalu kita imbau agar ditutup sementara, namun tahun ini objek wisata di Inhu dipersilahkan untuk beroperasi. Intinya objek wisata itu harus menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah," kata Lishaizar.

Meski begitu, Lishaizar menyampaikan tidak menutup kemungkinan kedepannnya akan dilakukan penutupan apabila jumlah kasus positif Covid-19 di Inhu melonjak.

"Kita lihat situasi nantinya, apabila ada lonjakan kasus maka kebijakan dikembalikan kepada gugus tugas," ujarnya.

Selain mempersilahkan objek wisata tetap dibuka, Lishaizar juga menyampaikan bahwa tahun ini Disporapar Inhu telah mengagendakan dua event pariwisata di Inhu.

Dua event pariwisata itu, antara lain pacu sampan dan bujang dara.

Untuk pacu sampan biasanya digelar di tiga rayon, yakni rayon satu di Kecamatan Batang Peranap, rayon dua di Desa Pasir Sialang Jaya, Kecamatan Lirik, dan rayon tiga di Kecamatan Rengat Barat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan pacu sampan tersebut merupakan tanggungjawab dari pihak panitia desa maupun kecamatan.

Dalam pelaksanaan event tersebut Disporapar sebagai pendukung menyiapkan hadiah kepada para pemenang.

Untuk tahun ini pelaksanaan pacu sampan kemungkinan akan dimulai di rayon dua.

"Minggu depan kita sudah mulai rapat dengan panitia setempat untuk membahas ini, pelaksanaannya kemungkinan setelah lebaran," ujar Lishaizar.

Sementara itu untuk pelaksanaan bujang dara di Kabupaten Inhu, Lishaizar berkata masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Provinsi Riau. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved