Breaking News:

Bangun Ketahanan Pangan, Dosen Biologi FKIP UIR Edukasi Budidaya Ikan Lele di Panti Al Hasanah

Tim Dosen Pendidikan Biologi FKIP UIR melaksanakan kegiatan edukasi pembudidayaan ikan lele dalam ember pada peserta didik di Panti Asuhan

istimewa
Tim Dosen Pendidikan Biologi FKIP UIR melaksanakan kegiatan edukasi pembudidayaan ikan lele dalam ember pada peserta didik di Panti Asuhan 

PEMANFAATAN lahan sempit bagi masyarakat di Provinsi Riau banyak dilakukan baik untuk sektor pertanian dan perikanan.

Kedua sektor tersebut merupakan aplikasi dan pengembangan keilmuan biologi, seperti bercocok tanam di lahan yang tidak terlalu luas, memelihara ikan pada kolam buatan dan pada media yang terbatas.

Pengembangan keilmuan biologi ini dilakukan untuk memperoleh banyak manfaat baik dari segi ekonomi, social, dan kreativitas.

Ketahanan pangan diartikan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari ketersediaan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

Ketahanan pangan dapat menjadi permasalahan bagi pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, bahkan dikarenakan oleh bencana pandemi Covid-19.

Awal Maret 2020, Indonesia untuk pertama kalinya mendapat wabah yang berdampak pada semua bidang kehidupan yang dikenal dengan wabah pandemi Covid-19.

Dampak dari kemunculan pandemi ini adalah pembatasan aktivitas masyarakat yang berskala besar untuk menghentikan penyebaran virus ini.

Pandemi ini memaksa semua elemen masyarakat melakukan semua aktivitas dari rumah. Langkah ini berdampak pada banyak pihak mengenai kelangkaan bahan pangan akibat pembatasan aktivitas masyarakat.

Permasalahan mengenai ketahanan pangan terjadi pada semua kalangan baik desa maupun perkotaan.

Kesadaran dan langkah yang harus dilakukan oleh keluarga di panti asuhan harus diperkuat demi mengatasi permasalahan yang terkait ketahanan pangan di masa pandemik.

Halaman
123
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved