Breaking News:

Rp 4,5 Triliun Kebutuhan Uang Tunai di Riau Periode Ramadan dan Lebaran 1442 H, BI Jamin Hal Ini

Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang tunai di Riau periode Ramadan dan Idul Fitri 1442 H akan mencapai Rp4,5 triliun

KOMPAS/PRIYOMBODO
Rp 4,5 Triliun Kebutuhan Uang Tunai di Riau Periode Ramadan dan Lebaran 1442 H, BI Jamin Hal Ini. Foto: Ilustrasi uang rupiah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejalan dengan aktivitas ekonomi masyarakat yang terus meningkat sejak pandemi Covid-19, Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang tunai di Riau periode Ramadan dan Idul Fitri 1442 H akan mencapai Rp4,5 triliun.

Atau meningkat 29,3% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp3,48 triliun.

Proyeksi kenaikan kebutuhan uang kartal ini telah memperhatikan asumsi besaran ekonomi makro yang meliputi pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi.

Selain itu juga mempertimbangkan data historis outflow, kebijakan pemerintah dan kondisi terkait penyebaran pandemi Covid-19.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Riau Decymus mengatakan, untuk menjaga ketersediaan uang tunai dalam rangka Hari Besar Kegamaan Nasional (HKBN), Bank Indonesia melakukan manajemen stock.

Dengan menerima pengiriman tambahan kas dari Kantor Pusat Bank Indonesia sebelum Ramadan 1422H.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan perbankan untuk memastikan kebutuhan uang tunai tersedia dalam jumlah yang cukup, pecahan sesuai kebutuhan, dan kualitas yang layak edar.

"Untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas akan kebutuhan uang tunai, Bank Indonesia berkerja sama dengan perbankan,"ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Riau Decymus, Jumat (16/4/2021).

"Dalam melayani penukaran uang yang tersebar di 77 jaringan kantor bank wilayah kerja Provinsi Riau," imbuhnya.

Kemudian tambahnya, Bank Indonesia juga berupaya memberikan layanan optimal dengan mendistribusikan uang tunai melalui 3 titik Kas Titipan yang berada di Selat Panjang, Pasir Pengaraian dan Rengat.

Halaman
12
Penulis: Rino Syahril
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved