Breaking News:

Ramadhan 2021

Surat Al Baqarah Ayat 183 -185, Beserta Artinya: Ayat Tentang Puasa Ramadhan

Surat Al Baqarah Ayat 183 -185, Beserta Artinya: Ayat Tentang Puasa Ramadhan, kumpulan ayat Alquran firman Allah SWT yang membahas perintah puasa.

unsplash
ILUSTRASI Al Quran 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Surat Al Baqarah Ayat 183 -185, Beserta Artinya: Ayat Tentang Puasa Ramadhan, kumpulan ayat Alquran firman Allah SWT yang membahas perintah puasa.

Kumpulan ayat Alquran tentang puasa Ramadhan berikut ini bisa dijadikan panduan untuk kultum saat tarawih.

Allah SWT telah menyampaikan perintah untuk puasa melalui beberapa ayat Alquran.

Meski puasa Ramadhan dilaksanakan setiap tahunnya, masih banyak yang belum memaknai setiap ayat Alquran yang berkaitan dengan perintah puasa.

Momen Ramadhan 1441 H menjadi waktu yang paling tepat untuk menyampaikan ayat-ayat Allah SWT, terutama ketika kultum sebelum salah tarawih di masjid.

Berikut kumpulan ayat Al-Quran tentang Puasa:

1. Surat Al-Baqarah Ayat 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Umat muslim di Kota Pontianak melaksanakan i'tikaf dengan membaca ayat suci Alquran di Masjid Raya Mujahidin, Pontianak, Kalimantan Barat, pada malam 27 Ramadan 1436 H atau pada Senin (13/7) malam.
Umat muslim di Kota Pontianak melaksanakan i'tikaf dengan membaca ayat suci Alquran di Masjid Raya Mujahidin, Pontianak, Kalimantan Barat, pada malam 27 Ramadan 1436 H atau pada Senin (13/7) malam. (TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI)

2. Surat Al-Baqarah Ayat 184

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.

BACAAN LENGKAP Niat Salat Tarawih dan Witir, Baik Dikerjakan Secara Jamaah atau Sendirian
BACAAN LENGKAP Niat Salat Tarawih dan Witir, Baik Dikerjakan Secara Jamaah atau Sendirian (Merah Putih)
Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved