Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Terima Laporan Money Politic, Bawaslu Rohul: Masih Kita Pelajari Dulu

Menanggapi laporan yang dilakukan oleh Tim Koalisi Skawan Paslon Nomor 2 Sukiman-Indra Gunawan, Bawaslu Rokan Hulu mengatakan, pihaknya akan melakukan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Menanggapi laporan yang dilakukan oleh Tim Koalisi Skawan Paslon Nomor 2 Sukiman-Indra Gunawan, Bawaslu Rokan Hulu mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Terkait permintaan untuk segera melakukan diskualifikasi terhadap dugaan Pidana Pemilu oleh Paslon Nomor 3 jelang PSU, Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir mengatakan, kemungkinan tersebut ada, namun harus dipelajari kembali.

"Benar. Laporan dugaan Pidana Pemilu oleh pelapor HC sudah kami terima barusan dan akan segera kami proses periksa untuk selanjutnya," kata Fajrul.

Dilanjutkannya, dirinya membenarkan jika laporan yang diajukan disertai sejumlah barang bukti pendukung untuk menguatkan laporan tersebut.

Menanggapi laporan itu, Fajrul menerangkan, laporan itu terkait tindakan money politic atau penyuapan untuk pemilih dengan tujuan memilih paslon tertentu pada saat PSU.

"Iya, kalau dilihat masuknya pidana pemilu," tambahnya.

Menyikapi permohonan Ketua Tim Koalisi Skawan Kelmi Amri agar Bawaslu Rohul melakukan didiskualifikasi terhadap Paslon Nomor 3 Hafith Syukri-Erizal, Fajrul menerangkan, hal itu tetap harus mengikuti pemeriksaan.

"Kalau masalah diskualifikasi, kita belum bisa pastikan. Namun, potensi tersebut tetap ada," ucap dia.

Fajrul menambahkan, tindakan pidana pemilu merupakan bagian dari Pelanggaran Berat dalam kegiatan Pemilu berdasarkan peraturan pemilu.

Masih dalam aturan tersebut, pelanggaran berat dapat dikenakan sansk maksimal berupa diskualifikasi terhadap paslon yang terlibat.

"Namun, sejauh ini kan belum ada laporan langsung keterlibatan paslonnya. Baru pada pendukungnya. Artinya masih perorangan," tandasnya. (Mad)

Penulis: Syahrul
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved