Breaking News:

GAPKI Riau Gelar Rakercab, Memperkokoh Industri Sawit Demi Kesejahteraan

GAPKI Cabang Riau bertekad memperkuat peran anggota asosiasi sebagai langkah memperkokoh industri sawit dalam mewujudkan kesejahteraan

istimewa
Rapat Kerja Cabang (Rakercab) GAPKI Riau perdana, yang diselenggarakan di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (20/4/2021) siang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Riau bertekad memperkuat peran anggota asosiasi sebagai langkah memperkokoh industri sawit dalam mewujudkan kesejahteraan di Bumi Lancang Kuning.

Tekad itu tertuang sebagai tema Rapat Kerja Cabang (Rakercab) GAPKI Riau perdana, yang diselenggarakan di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (20/4/2021) siang.

Ketua GAPKI Cabang Riau, Jatmiko K Santosa, dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru mengatakan, tema tersebut diangkat mengingat peran industri kelapa sawit saat ini menjadi semakin penting, terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Alhamdulillah sawit masih menjadi salah satu industri yang tumbuh positif selama pandemi. Untuk itu, kita bertekad terus memperkuat industri sawit dan mewujudkan kesejahteraan Provinsi Riau," ujar Ketua GAPKI Cabang Riau, Jatmiko K Santosa.

Jatmiko berujar terdapat sejumlah program kerja prioritas GAPKI Cabang Riau yang digulirkan oleh jajaran kepengurusan yang baru saja resmi dilantik pada akhir Maret 2021 lalu.

Diantaranya, akselerasi peremajaan sawit rakyat (PSR) sebagai langkah awal peningkatan ekonomi para petani, berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional, serta memperkokoh industri sawit Riau.

Menurut Jatmiko yang juga Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V tersebut, disparitas produktivitas sawit antara perusahaan dengan petani cukup besar.

"Sebagai perbandingan, CPO yang dihasilkan dari kebun perusahaan itu mencapai 5 ton per hektare. Sementara dari petani hanya 2 ton per hektare. Ini yang menjadi fokus kita agar industri sawit semakin kokoh dan kesejahteraan masyarakat tercapai," ujarnya.

Dalam Rakercab GAPKI Cabang Riau yang dilaksanakan secara hybrid dan turut diikuti Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut, Jatmiko menjelaskan penguatan internal organisasi turut menjadi prioritas kepengurusan.

Ditambah perubahan peraturan perundangan yang berlaku turut menjadi dasar bagi GAPKI Riau untuk berbenah.

Halaman
12
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved