Breaking News:

Banjir di Riau, Pemkab Inhu Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir, Elefasi Air Sungai Indragiri Naik

Sepekan terakhir hujan deras disertai petir dan angin kencang mengguyur sebagian besar wilah Riau sehingga ada daerah yang rawan banjir di Riau

istimewa
Banjir di Riau, Pemkab Inhu Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir, Elefasi Air Sungai Indragiri Naik. Foto: Banjir di Penyaguhan, Inhu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, INDRAGIRI HULU - Sepekan terakhir hujan deras disertai petir dan angin kencang mengguyur sebagian besar wilah Riau sehingga ada daerah yang rawan banjir di Riau .

Satu daerah yang mengalami curah hujan tinggi dan disertai petir dan angin kencang adalah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang beribukotakan Rengat dan tercatat sebagai daerah yang rawan banjir di Riau .

Masuk dalam daerah rawan banjir di Riau , pada Kamis (22/4/2021) hujan terus turun di sejumlah wilayah Inhu, kondisi itu mengakibatkan permukaan air Sungai Indragiri sempat mengalami kenaikan.

Terkait kondisi tersebut, Tribunpekanbaru.com mewawancarai Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daearah (KPBD) Inhu, Ergusfian.

"Berdasarkan pemantauan di lapangan memang rata-rata di wilayah Inhu diguyur hujan dengan intensitas sedang dan sebagian ada yang lebat," kata Ergusfia, Kamis (22/4/2021).

Ergusfian menerangkan akibat hujan deras tersebut, permukaan air Sungai Indragiri mengalami kenaikan, namun berdasarkan pantauan petugas KPBD di lapangan hingga kini belum ada wilayah pinggir Sungai Indragiri yang terdampak banjir. 

Selain itu beberapa waktu lalu, diketahui bahwa sebagian wilayah Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal juga terendam banjir akibat luapan air Sungai Gansal.

Kondisi terkini air yang merendam wilayah Penyaguhan sudah mulai surut.

"Desa Penyaguan yang beberapa hari kemarin terkena banjir saat ini air sudah surut, namun masih ada sebagian rumah warga yang terdampak banjir dan perkebunan warga," kata Ergusfian. 

Ergusfian juga menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu sudah menetapkan status siaga darurat bencana banjir.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved