Breaking News:

Larangan Mudik Lebaran 2021, Polisi Jaga Ketat Jalur Sumatra, Termasuk Tol

Istiono meminta adanya gelaran Swab antigen random di tiap wilayah guna mengakomodir masyarakat agar diperiksa kesehatannya.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
MUDIK LEBIH AWAL - Calon penumpang memadati Terminal AKAP Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (9/4/2021). Dalam artitel terdapat aturan tentang Larangan Mudik Lebaran yang tertuang di Addendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Diberlakukannya pengetatan dan larangan mudik,  Korlantas Polri tengah memperketat kesiapan titik-titik penyekatan untuk menghalau pemudik di jalur Sumatra.

Baik jalan tol maupun arteri pada Kamis (22/4/2021).

Sehingga, menekan potensi aktivitas perpindahan dari suatu wilayah ke wilayah lainnya secara masif atau mudik selama periode lebaran tahun ini guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona.

"Kita melihat kesiapsiagaan anggota dalam rangka larangan mudik ini di pos yang telah digelar, antara lain di jalan tol, arteri, sudah siap semua dari Banten, Lampung, maupun Palembang," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangannya.

"Kesiapsiagaan sudah optimal, tinggal pelaksanaannya. Semuanya saya kira tidak ada celah untuk lolos dari penyekatan,” tambahnya.

Baca juga: Catat, Ini Poin Aturan Larangan Mudik Yang Dikeluarkan Satgas Covid-19, Addendum Larangan Mudik

Baca juga: Aturan Larangan Mudik Diperpanjang, Mulai 22 April hingga 24 Mei 2021

Baca juga: Sebelumnya Perbolehkan Mudik Lokal, Kini Gubri Syamsuar Larang Warga Mudik, Apa yang Terjadi?

Istiono saat mengecek di pelabuhan Bakauheni, Lampung mendapatkan penjelasan dari jajaran Ditlantas Polda Lampung.

Istiono menekankan pentingnya pendekatan humanis dalam mengelola peniadaan mudik.

“Yang terpenting kita mengelola keseimbangan antara penyebaran Covid, supaya tidak ada kerumunan yang signifikan seperti apa, ini dinamis, jadi gunakan persuasif dan humanis dikedepankan,” ujarnya.

Selain itu, Istiono meminta adanya gelaran Swab antigen random di tiap wilayah guna mengakomodir masyarakat agar diperiksa kesehatannya.

Terakhir, ia kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tidak melakukan mudik baik sebelum, saat peniadaan mudik, atau sesudahnya karena penyebaran Covid-19 masih ada.

“Masyarakat sudah mendapat pengalaman 1 tahun ini, jadi saya pikir mereka sudah mengerti apa yang terjadi sekarang bahwa Covid-19 menjadi masalah kita semua," ucap Istiono.

"Kita tidak tau berakhirnya kapan, sehingga ini mesti kerjasama dengan masyarakat yang optimal, punya kesadaran sendiri tidak melakukan mudik,” lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Jaga Ketat Jalur Sumatra Selama Larangan Mudik Lebaran 2021",

Editor: Sesri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved