Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Hindari Banjir, DPRD Pekanbaru Tegaskan OPD Jangan Sembarang Keluarkan Izin Perumahan dan Ruko

Kalangan DPRD Pekanbaru menyebutkan, banjir yang menghantam beberapa daerah di Kota Pekanbaru hingga saat ini, disebabkan oleh berbagai faktor.

Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Banjir di Pekanbaru, Sungai Sail Meluap, 70 Rumah Warga di Bukit Raya Terendam Air Setinggi 1 Meter. Hindari Banjir, DPRD Pekanbaru Tegaskan OPD Jangan Sembarang Keluarkan Izin Perumahan dan Ruko 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kalangan DPRD Pekanbaru menyebutkan, banjir yang menghantam beberapa daerah di Kota Pekanbaru hingga saat ini, disebabkan oleh berbagai faktor.

Satu di antaranya, karena makin bebasnya pembangunan perumahan dan rumah toko (Ruko). Kondisi ini juga karena mudahnya para pengembang, mendapatkan izin dari Pemko Pekanbaru.

"Ada beberapa daerah yang sebenarnya aliran air, kini ditutupi oleh bangunan. Begitu halnya tidak maksimalnya antisipasi penanganan banjir ini oleh pemerintah," tegas Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Robin Eduar SH MH, Minggu (25/4/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Politisi PDI-P ini justru mengingatkan kepada OPD teknis yang menerbitkan izin ruko dan perumahan, untuk mengevaluasi kembali.

Karena jika dibiarkan, maka sangat memungkinkan banjir di kota ini akan terus terjadi.

Bahkan, banjir di Tangkerang Utara Kecamatan Bukit Raya tersebut, sudah kentara.

Bahwa perumahan yang terendam itu, merupakan tempat aliran air.

Hal ini juga diakui Walikota Pekanbaru Firdaus MT saat meninjau lokasi banjir ini kemarin.

"Ini baru satu tempat, bagaimana dengan lokasi lainnya. Makanya, untuk perizinan perumahan atau ruko, harus benar-benar ketat. Kita kan ada Bidang Tata Kota di Pemko, apakah tidak mengerti tentang ini," sebutnya lagi.

Karena itu, Komisi IV selaku mitra kerja Dinas PUPR, Dinas Perkim, DLHK, untuk melakukan evaluasi lagi, mengenai izin yang sudah diberikan.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved