Breaking News:

Penyekatan Pemudik Luar Daerah Mulai Dilakukan di Perbatasan Riau-Jambi, Menyusul Larangan Mudik

Pemeriksaan terhadap pengendara mulai dilakukan di perbatasan Riau-Jambi menyusul penerapan larangan mudik lebaran.

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Ariestia
Istimewa
Pemeriksaan terhadap pengendara mulai dilakukan di perbatasan Riau-Jambi menyusul penerapan larangan mudik lebaran. Polres Inhil melakukan penyekatan di pos check point di wilayah Kabupaten Inhil yang berada di Pos Sekat Perbatasan Riau-Jambi Jalan Lintas Timur KM 295 Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Minggu (25/4/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEMUNING – Pemeriksaan terhadap pengendara mulai dilakukan di perbatasan Riau-Jambi menyusul penerapan larangan mudik lebaran.

Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui aktivitas mudik masyarakat.

Polres Inhil melakukan penyekatan di pos check point di wilayah Kabupaten Inhil yang berada di Pos Sekat Perbatasan Riau-Jambi Jalan Lintas Timur KM 295 Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Minggu (25/4/2021).

Penyekatan di pimpin Kapolsek Kemuning Kompol Benhardi SH bersama Kasat Lantas Polres Inhil AKP Lassarus Sinaga SH serta di hadiri beberapa personel gabungan Polres Inhil dan Polsek Kemuning.

Polres Inhil melakukan penyekatan di pos check point di wilayah Kabupaten Inhil yang berada di Pos Sekat Perbatasan Riau-Jambi Jalan Lintas Timur KM 295 Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Minggu (25/4/2021).
Polres Inhil melakukan penyekatan di pos check point di wilayah Kabupaten Inhil yang berada di Pos Sekat Perbatasan Riau-Jambi Jalan Lintas Timur KM 295 Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Minggu (25/4/2021). (Istimewa)

Petugas memberhentikan kendaraan pribadi dan transportasi umum dari arah Jambi menuju Riau dan sebaliknya untuk dilakukan pemeriksaan izin perjalanan dan dokumen kesehatan pelaku perjalanan dalam negeri.

Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan melalui Paur Humas Ipda Esra menuturkan, penyekatan arus mudik merupakan bagian dari Operasi yang dilaksanakan lebih awal dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Selain check point, kita sediakan Pos Pengamanan yang ada di beberapa titik di Kabupaten Inhil. Secara umum lebih banyak kendaraan pribadi, yang dilakukan pemeriksaan adalah penduduk lokal yang melaksanakan aktivitas kegiatan di perbatasan Riau-Jambi,” tuturnya.

Ditambahkannya, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, para pengendara yang hendak mudik akan diperiksa di pos pengawasan.

Kemudian diperkenankan melakukan putar balik, jika tidak membawa izin perjalanan dan surat keterangan kesehatan.

Meski begitu, masyarakat Inhil tetap diperkenankan untuk lalu-lalang di wilayah Kabupaten Inhil, karena penyekatan mudik hanya dilakukan khusus untuk yang akan mudik.

“Sesuai dengan petunjuk dari Korlantas Mabes Polri dan pemerintah pusat, bahwa warga di Kabupaten Inhil masih bisa melaksanakan aktivitas, seperti contohnya dari Kabupaten Inhil ke Kemuning dan atau daerah lain yang masih wilayah Inhil,” jelasnya.

Dalam kegiatan penyekatan ini, para pengemudi dan penumpang menerima informasi dari petugas tentang larangan mudik hari raya Idul Fitri dan pengendalian Covid-19 selama bulan suci Ramadhan dan terselenggaranya Kamseltibcarlantas di jalur lintas timur Polres Inhil. (Tribunpekanbaru.com/T. Muhammad Fadhli).

Berita Inhil lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved