Breaking News:

Pengembangan Pasar Cik Puan Pekanbaru Bakal Gandeng Pihak Ketiga

Pasar Cik Puan Pekanbaru akhirnya menjadi satu aset Pemerintah Provinsi Riau yang diserahkan ke Pemerintah Kota Pekanbaru.

Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Bangunan fisik Pasar Cik Puan masih terbe ngkalai hingga kini. Ada rencana pengembangan pasar ini menggandeng pihak ketiga. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pasar Cik Puan Pekanbaru akhirnya menjadi satu aset Pemerintah Provinsi Riau yang diserahkan ke Pemerintah Kota Pekanbaru.

Ada rencana pasar di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru bakal dikelola pihak ketiga.

Cara ini adalah upaya pemerintah dalam pengembangan pasar yang pembangunannya mangkrak. Pemerintah kota pun mencari cara agar anggaran pengembangannya tidak bersumber dari APBN dan APBD.

"Ada rencana kita menggandeng pihak ketiga, agar memberi solusi di tengah kondisi ekonomi saat ini," jelas Wali Kota Pekanbaru, Firdaus kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, penerintah kota bakal melakukan pengembangan dan penatan pasar secara bertahap. Ia menyebut nantinya proses pengembangannya menanti investor.

Pemerintah kota berencana membuka investasi untuk pengembangan Pasar Cik Puan. Mereka pun segera menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan.

Firdaus menyebut pemerintah kota bakal menyiapkan kajian dan pola untuk pengadaan. Ia menyebur ada rencana membuat tender investasi.

"Kita akan gesa dalam satu tahun ini rangkaian proses pengembangannya rampung," ulasnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Syoffaizal mengatakan bahwa pemerintah kota sudah sepakat dengan pemerintah provinsi terkait Pasar Cik Puan. Keduanya sepakat untuk serah terima aset untuk pencatatan.

Syoffaizal menyebut bahwa ada 13 aset yang diusulkan ke pemerintah provinsi. Namun Gubernur Riau hanya menyetujui sembilan aset dan satu di antaranya Pasar Cik Puan.

"Ada beberapa mungkin nanti digunakan pemerintah provinsi, nantinya tetap di provinsi," jelasnya.

Pemerintah kota juga mengatakan ada juga tujuh bangunan aset yang diserahkan ke pemerintah kota. Ia menyebut bahwa ada rencana penandatanganan serah terima aset pada 30 April 2021 nanti.

"Nantinya akan ditandatangani berita acara serah terima aset, nantinya sudah final usai penandatanganan tersebut," ulasnya.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang) 

Berita terkait Pasar Cik Puan

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved