Breaking News:

DLHK Riau Buka-bukaan Soal Rencana Peningkatan Kapasitas Produksi PT RAPP, Sebut Kayu dari Luar Riau

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau DLKH Riau , Ma'mun Murod buka-bukaan soal rencana peningakatan kapasitas produksi PT RAPP

Foto/Istimewa
DLHK Riau Buka-bukaan Soal Rencana Peningkatan Kapasitas Produksi PT RAPP, Sebut Kayu dari Luar Riau. Foto: Tanaman Akasia PT RAPP 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau DLKH Riau , Ma'mun Murod buka-bukaan soal rencana peningakatan kapasitas produksi PT RAPP .

DLHK Riau memastikan tidak ada penambahan luasan lahan perkebunan akasia untuk kebutuhan bahan baku PT RAPP di Riau dalam rencana peningakatan kapasitas produksi PT RAPP tersebut.

Hal ini ditegaskan Murod menyusul adanya sejumlah pihak yang menuduh DLHK Riau secara diam-diam memberikan izin perluasan lahan untuk rencana peningkatan kapasitas produksi PT RAPP dan pengembangan fasilitas pendukung Riau Komplek PT RAPP tersebut.

"Tidak ada menambah luasan lahan. Jadi PT RAPP ini memang berencana akan melakukan peningkatkan kapasitas produksi, sehingga dibutuhkan penambahan kebutuhan bahan baku.

Tapi tidak dilakukan dengan cara memperluas lahan perkebunan.

Mereka memenuhi kebutuhan bakunya itu dilakukan dengan cara memasok kebutuhan bahan baku dari kerjasama KSO, kemudian pembelian kayu dari luar Riau, dan pembelian chip juga dari pihak luar, jadi kebutuhan bahan baku itu tidak hanya mengandalkan tanaman di lahan perkebunan RAPP saja," kata Murod Kamis (29/4/2021).

Murod menegaskan, rencana peningkatan kapasitas produksi dan penambahan bahan baku di perusahaan bubur kertas ini dilakukan karena PT RAPP akan membuka industri baru di bidang rayon.

Membutuhkan bahan baku yang lebih banyak dan fasilitas pendukung yang memadai. 

Namun Murod menegaskan peningkatan kapasitas produksi tersebut  tidak dilakukan dengan cara menambah luasan lahan seperti yang disampaikan beberapa pihak.

Khawatir akan terjadi kerusakan alam dan pencemaran lingkungan yang dapat mengancam keselamatan masyarakat banyak.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved