Breaking News:

Hati-hati Alat Tes Antigen Covid-19 Bekas di Riau, Ini Kata Kadiskes Riau

Hati-hati alat tes anti gen Covid-19 bekas di Riau agar tidak terjadi seperti kejadian di Bandara Kualanamu , Medan, Sumatera Utara

TRIBUNNEWS / JEPRIMA
Hati-hati Alat Tes Antigen Covid-19 Bekas di Riau, Ini Kata Kadiskes Riau. Foto: Petugas medis menunjukkan hasil rapid test antigen Covid-19 dari para calon penumpang 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hati-hati alat tes antigen Covid-19 bekas di Riau agar tidak terjadi seperti kejadian di Bandara Kualanamu , Medan, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, sebagai antisipasi terkait adanya penyalahgunaan alat tes antigen Covid-19 bekas seperti di Bandara Kualanamu Sumatera Utara, Satgas Covid-19 Riau saat ini mulai menggunakan genose untuk mendeteksi Covid-19 bagi mereka yang akan melakukan perjalanan.

Saat ini, sebagai pengganti alat tes antigen Covid-19 sudah ada genose dan sudah diterapkan di terminal bus Type A Payung Sekaki dan juga Bandara Sultan Syarif Kasim atau Bandara SSK II Pekanbaru

"Penggunaan genose ini diharapkan praktik kecurangan seperti yang terjadi di bandara Kualanamu tidak terjadi di Riau," kata Mimi, Kamis (29/4/2021)

Meskipun demikian, Mimi mengakui bahwa saat ini masih ada beberapa penyedia layanan tes cepat Covid-19 yang menggunakan metode swab.

Maka, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan sidak ke tempat-tempat penyedia layanan tes cepat tersebut.

"Sidak pastinya akan dilakukan, namun kita harapkan di Riau tidak terjadi seperti di Kualanamu.

Kami imbau para penyedia jasa juga jujur dalam bekerja, karena sangat merugikan masyarakat jika disalah gunakan," kata Mimi.

Warga di Zona Merah Dilarang Mudik Lokal

Menyikapi melonjaknya kasus penyebaran virus corona di Riau, menegaskan jika satu daerah masih berada di zona merah dan masyarakat tak kooperatif mengikuti protokol kesehatan maka tidak akan diperbolehkan mudik.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved