Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Operasi Tim Yustisi Pelalawan Jaring 39 Pengendara Tak Pakai Masker

Operasi yustisi ini diberlakukan sidang ditempat bagi para pelanggar Prokes. Pengendara yang tak pakai masker diarahkan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Hari ketiga operasi Tim Yustisi Covid-19 Kabupaten Pelalawan digelar di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kelurahan Ukui Kecamatan Ukui, Kamis (29/04/2021), menyasar para pengendara yang tidak taat Protokol Kesehatan (Prokes).

Razia dipusatkan di Pasar Ukui Kelurahan Ukui yang dilaksanakan puluhan petugas yustisi dari berbagai instansi.

Personil yang menjalankan tugas memeriksa para pengguna jalan baik sepeda motor atau mobil yang tidak menggunakan masker.

Puluhan pengendara yang tidak taat Prokes yakni penggunaan masker terjaring.

"Hari ketiga ini, tingkat masyarakat yang tak patuh Prokes masih cukup tinggi. Itu yang harus kita sadarkan," terang Kepala Satpol PP dan Damkar Pelalawan, Abu Bakar FE, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (29/03/2021).

Abu Bakar menyatakan, jumlah pengendara yang tak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah mencapai 39 orang, sama seperti yang digelar di Sorek sehari sebelumnya. Dengan rincian sebanyak 25 orang dikenakan denda administrasi oleh hakim dan panitera.

Sedangkan 14 orang lainnya dijatuhi sanksi sosial dengan membersihkan fasilitas umum memakai rompi khusus dibawah pengawasan petugas.

Operasi yustisi ini diberlakukan sidang ditempat bagi para pelanggar Prokes.

Pengendara yang tak pakai masker diarahkan petugas untuk mengikuti persidangan di meja yang disiapkan dan dihadapkan dengan hakim, jaksa, panitera, serta penyidik PPNS.

Personil gabungan yang terjunkan sebanyak 27 orang. Diantaranya Satpol PP dan Damkar, TNI, Polri, BPBD, kejaksaan, pengadilan, dan Dinas Kesehatan.

Dasar hukum petugas melakukan razia ini yakni sesuai dengan Perda Provinsi Riau no 4 tahun 2020, Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Pelalawan no 71 2020, dan instruksi Bupati Pelalawan Satgas / 2021 / 06 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

"Minggu depan akan kita lanjutkan lagi ke kecamatan lainnya. Target kita masyarakat Pelalawan taat Prokes," tambah Abu Bakar. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved