Breaking News:

Kapal Perang AS Intai Kapal Induk China, Tiongkok: AS Akan Bertanggungjawab

China yang tak terima ulah AS pun murka dan menuding AS pelanggar hukum internasional.

Editor: Guruh Budi Wibowo
Istimewa
Kapal Induk China, Liaoning 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Hubungan China dan Amerika Serikat kembali memanas setelah negeri Uak Sam itu mengintai kapal induk China dalam jarak dekat.

Namun, aksi AS tersebut diketahui oleh China.

China yang tak terima ulah AS pun murka dan menuding AS pelanggar hukum internasional.

China juga memperingatkan kapal perang AS yang mengintai kelompok tugas kapal induk Liaoning saat mengadakan latihan di dekat Pulau Taiwan dan di Laut China Selatan baru-baru ini. 

Ketika Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengadakan latihan, kapal perusak AS USS Mustin berulang kali melakukan pengintaian jarak dekat terhadap kelompok kapal perang Tiongkok.

"Tindakan yang sangat mengganggu kegiatan latihan kapal perang China, dan secara serius mengancam navigasi dan keselamatan kapal dari kedua sisi, membuat pergerakan AS sangat tidak bisa diterima," kata Kolonel Senior Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan China, Kamis (29/4), seperti dikutip Global Times.

Saat itu, menurut Wu, kapal perang China memperingatkan kapal perusak AS itu pergi, dan Kementerian Pertahanan China telah mengajukan pernyataan tegas kepada Amerika Serikat.

Pernyataan Wu muncul setelah seorang pelaut Angkatan Laut AS mengunggah beberapa foto kapal induk Liaoning saat sedang melakukan latihan lepas landas dan pendaratan jet tempur J-15 di Laut China Selatan pada pertengahan April lalu.

Mengancam perdamaian

Provokasi jarak dekat seperti yang kapal perang AS lakukan bisa mengakibatkan kesalahan penilaian dan kecelakaan, Song Zhongping, pakar militer China, mengatakan kepada Global Times.

"AS lah yang melanggar aturan dan regulasi terkait yang disepakati kedua negara, dan jika terjadi kecelakaan, AS akan bertanggungjawab," ujar Song.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved