Breaking News:

Menhan Prabowo Disebut Cari Kapal Selam Pengganti Nanggala: BERIKUT Spesifikasi Scorpene

Selain kapal selam kelas Scorpene tersebut, Prabowo juga sedang melirik kapal selam buatan Jerman U-214 untuk menggantikan KRI Nanggala-402.

Capture Indomiliter
kapal selam Scorpene digadang-gadang sebagai pengganti kapal selam Nanggala 402 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kabar baik dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sang Menhan digadang-gadang akan membeli kapal selam jenis Scorpene yang dikembangkan perusahan pembuat kapal milik Prancis DCNS (Naval Group).

Setelah kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam di kedalaman 838 meter bersama 53 prajurit gugur pada Rabu (21/4/2021), tersiar pula kabar bahwa Prabowo Subianto akan membeli kapal selam kelas Riachuelo sebagai pengganti.

Selain kapal selam kelas Scorpene tersebut, Prabowo juga sedang melirik kapal selam buatan Jerman U-214 untuk menggantikan KRI Nanggala-402.

Untuk diketahui, kapal selam Scorpene sendiri merupakan kapal selam kelas diesel electric attack yang dilengkapi dengan propulsi diesel dan propulsi udara-independen tambahan (AIP).

Dilansir dari Military Today, kapal selam jenis Scorpene terdiri dari dari empat varian yakni CM-2000 ( kapal selam diesel listrik konvensional 61,7 meter) AM-2000 (70 meter), CA-2000, dan S-BR (75 meter).

Pada Desember 2020, media Janes melaporkan bahwa Indonesia sedang dalam pembicaraan dengan Naval Group untuk varian kapal selam kelas Riachuelo.

"Pejabat dari kementerian pertahanan Indonesia sedang berdiskusi dengan konsorsium yang dipimpin oleh pembuat kapal Prancis Naval Group untuk kemungkinan pesanan kapal selam kelas Riachuelo (Scorpene yang dimodifikasi)," tulis media tersebut, seperti dikutip Sosok.ID.

Kapal selam Riachuelo adalah kapal selam modifikasi dari kelas Scorpene.
Kapal selam Riachuelo adalah kapal selam modifikasi dari kelas Scorpene.

Uji tuntas khusus untuk kelas Riachuelo itu telah dimulai setelah varian jenis kapal selam tersebut disarankan oleh Naval Group sesuai dengan kebutuhan Indonesia, lapor Janes yang menyebut informasi ini telah dikonfirmasi.

Selain diskusi teknis, pembicaraan dengan Naval Group dan konsorsiumnya juga menyinggung mengenai opsi pembiayaan dan peluang perjanjian transfer teknologi antara perusahaan pertahanan Prancis dan Indonesia.

Riachuelo S40 adalah kapal selam Scorpene Angkatan Laut Brasil yang dibangun oleh perusahaan patungan yang didirikan oleh DCNS Prancis (Naval Group) dan Odebrecht dari Brazil.

Halaman
1234
Editor: Firmauli Sihaloho
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved