Breaking News:

Semakin Parah, India Kehabisan Vaksin Covid-19, Kekurangan Oksigen dan Tempat Perawatan Pasien

Beginilah kondisi India kini. Mereka kehabisan vaksin Covid-19. Tak hanya kehabisan vaksin, India juga keurangan oksigen dan tempat perawatan.

Prakash SINGH / AFP
Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (PPE kit) merawat pasien positif Covid-19 di dalam ruang perjamuan yang sementara diubah menjadi pusat perawatan covid di New Delhi pada 28 April 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Beginilah kondisi India kini. Mereka kehabisan vaksin Covid-19. Tak hanya kehabisan vaksin, India juga keurangan oksigen dan tempat perawatan.

Kenyataan yang mempengaruhi India yang semakin parah kasus covid-19 di negara tersebut

Beberapa negara bagian di India melaporkan kehabisan vaksin Covid-19, saat regulasi menyatakan semua orang dewasa di sana boleh divaksinasi.

India sebelumnya mengkhususkan vaksin virus corona bagi pekerja garis depan dan orang-orang berusia 45 tahun ke atas.

Namun, gelombang kedua Covid-19 India yang sangat parah membuat "Negeri Bollywood" kekurangan oksigen medis dan ranjang rumah sakit.

BBC pada Sabtu (1/5/2021) melaporkan, sekitar 150 juta dosis vaksin corona telah diberikan di India, atau setara 11,5 persen dari 1,3 miliar penduduknya.

Akan tetapi walau India sendiri adalah produsen vaksin terbesar di dunia, mereka mengalami kekurangan stok di dalam negeri dan kini menghentikan sementara ekspor vaksin AstraZeneca agar kebutuhan domestik terpenuhi.

Lebih dari 13 juta orang berusia 18-45 tahun mendaftar untuk mendapatkan vaksin, tetapi negara-negara bagian termasuk Madhya Pradesh dan Maharashtra yang terdampak paling parah mengatakan mereka kehabisan stok.

Alhasil, rencana vaksinasi kelompok usia ini yang sedianya dilakukan pada 1 Mei harus diundur.

Sementara itu Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal meminta warganya tidak mengantre vaksin dulu, karena ibu kota India tersebut belum menerima barangnya.

Halaman
12
Editor: Budi Rahmat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved