Breaking News:

THR Karyawan dan Buruh Wajib Dibayarkan H-7 Lebaran Idul Fitri 1442 H, Bupati Siak Surati Perusahaan

Tunjangan Hari Raya atau THR karyawan dan buruh wajib dibayarkan perusahaan maksimal 7 hari jelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah

Tribun Pekanbaru/Kompas.com/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
THR Karyawan dan Buruh Wajib Dibayarkan H-7 Lebaran Idul Fitri 1442 H, Bupati Siak Surati Perusahaan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Tunjangan Hari Raya atau THR karyawan dan buruh wajib dibayarkan perusahaan maksimal 7 hari jelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Bupati Siak Alfedri melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Siak sudah melayangkan surat kepada perusahaan agar melaksanakan ketentuan pembayaran THR karyawan dan buruh tersebut. 

Kepala Distransnaker Siak Amin Budyadi mengatakan, Pemkab Siak telah menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Mentri Ketenagakerjaan Nomor M/6 HK.04/IV/2021 perihal pemberian THR karyawan dan buruh tersebut.

Buruh atau pekerja bisa melapor ke Distransnaker Siak bila perusahaan tempatnya bekerja tidak membayarkan kewajiban membayar THR tersebut.

“Pada surat kita kepada perusahaan juga telah dimuat rumusan kewajiban pembayaran THR kepada pekerja yang telah bekerja di atas 1 tahun termasuk bagi pekerja yang bekerja dengan perjanjian kerja dalam masa tertentu,” kata Amin Budyadi kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (3/5/2021).

Amin menjelaskan, bagi pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 12 secara terus-menerus atau lebih, berhak mendapatkan THR sebesar 1 bulan upah.

Bagi pekerja yang telah mempunyai masa kerja lebih 1 bulan secara terus -menerus tetapi kurang dari 12 bulan maka diberikan secara proporsional.

Rumusan untuk pekerja tersebut adalah masa kerja dibagi 12 dikali 1 bulan upah.

“Bagi pekerja harian berdasarkan perjanjian kerja harian, upah satu bulannya juga ada hitungannya,” kata dia.

Bagi pekerja harian yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, upah 1 bulan dihitung berdasarkan upah rata-rata yang diterima perbulan selama 12 bulan terakhir.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved