Breaking News:

Kue Melako Kuah, Kuliner Unik Khas Riau, Ini Bahan dan Cara Membuat Kue Melako Kuah Khas Rokan Hulu

Kue Melako Kuah masuk dalam daftar kuliner unik khas Riau, berikut bahan dan cara membuat Kue Melako Kuah Khas Rokan Hulu untuk sajian Ramadhan

Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan
Kue Melako Kuah, Kuliner Unik Khas Riau, Ini Bahan dan Cara Membuat Kue Melako Kuah Khas Rokan Hulu. Foto: Kue Melako Kuah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, ROKAN HULU - Kue Melako Kuah masuk dalam daftar kuliner unik khas Riau, berikut bahan dan cara membuat Kue Melako Kuah Khas Rokan Hulu untuk sajian Ramadhan dan Idul Fitri.

Kue Malako Kuah Khas Rokan Hulu ini, selain masuk dalam daftar kuliner unik khas Riau juga sangat nikmat dan banyak dibuat masyarakat Rokan Hulu, terutama yang berdomisili di kawasan Kepenuhan saat bulan Ramadhan .

Kue Melako Kuah berbahan dasar beras pulut hitam (ketan) ini merupakan penganan khas masyarakat Melayu Rokan, banyak dijumpai di rumah warga ketika Ramadhan , hari raya maupun aktifitas adat serta helat kebudayaan di Rokan Hulu .

Syaiful Rahman, seorang pengrajin Kue Melako Kuah kepada Tribunpekanbaru.com mengatakan, sajian yang didominasi rasa manis dan gurih ini terhitung langka untuk dijumpai di pasar-pasar pada hari biasa. 

"Sebenarnya Kue Melako Kuah ini sangat merakyat. Namun, pembuatannya terbilang sulit, maka sudah sangat jarang yang mau membuatnya untuk sajian reguler," kata Syaiful. 

Kue Melako Kuah, Kuliner Unik Khas Riau, Ini Bahan dan Cara Membuat Kue Melako Kuah Khas Rokan Hulu. Foto: Kue Melako Kuah
Kue Melako Kuah, Kuliner Unik Khas Riau, Ini Bahan dan Cara Membuat Kue Melako Kuah Khas Rokan Hulu. Foto: Kue Melako Kuah (Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan)

Syaiful menjelaskan tentang bahan-bahan Kue Malako Kuah dan cara membuat Kue Melako Kuah dengan sederhana.

Pertama kali yang harus dilakukan dalam cara membuat Kue Melako Kuah tersebut, beras pulut hitam harus direndam sedikitnya selama 1,5 jam. 

"Setelah beras pulut hitam direndam, beras pulut hitam itu lalu ditumbuk pakai lesung dan diayak sampai halus sekali," bebernya. 

Setelah proses tersebut, tepung beras pulut hitam yang sudah diayak kemudian diaduk pakai air sehingga menjadi adonan yang siap untuk dicetak bulat-bulat

Selanjutnya, tepung beras pulut hitam yang sudah dibulat-bulatkan langsung dibuat lubang di bagian tengah untuk kemudian diisi dengan gula aren dan parutan kelapa. 

Halaman
1234
Penulis: Syahrul
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved