Breaking News:

Penerapan Larangan Mudik Lebaran, Inilah Lokasi 4 Titik Pos Penyekatan di Inhu

Kegiatan penyekatan perbatasan menerapkan aturan larangan mudik lebaran dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19.

Istimewa
FOTO ILUSTRASI - Giat penyekatan moda transportasi terkait larangan mudik lebaran untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) bersama unsur TNI dan Polri melakukan kegiatan penyekatan perbatasan, untuk menerapkan aturan larangan mudik lebaran dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19.

Penyekatan arus mudik di empat titik yang berada di empat Kecamatan di Inhu  di Kabupaten Inhu.

Adapun sasaran kegiatan ini adalah kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih.

Untuk posko penyekatan pertama yang berada di Kecamatan Kuala Cenaku yang merupakan pintu keluar masuk Kabupaten Inhu-Inhil.

Total personel yang dikerahkan yakni 10 personel Polri, dua personel TNI, empat personel Satpol PP, 4 orang petugas kesehatan, dua personel dari Dinas Perhubungan (Dishub), dan dua orang personel dari Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD).

Dari hasil kegiatan pada hari tersebut, belum ditemukan para pemudik yang menggunakan kendaraan baik R2, R4 dan R6/lebih yang melewati penyekatan pada pintu keluar yg dijaga oleh personil gabungan.

Pada kesempatan tersebut, personel gabungan juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang melintas agar tetap mematuhi prokes dan tidak melalukan perjalanan mudik.

Sementara itu di posko penyekatan yang terletak di desa Wonosari, Kecamatan Lirik, personel yang dikerahkan yakni 10 orang personel Polri, 2 personel TNI, 3 personel dari Dishub, 4 personel Satpol PP, 2 personel dari KPBD, dam 2 orang tenaga kesehatan.

Di posko penyekatan ini juga tidak ditemukan pelanggar dari arah Pelalawan maupun dari dalam Inhu.

Selama pelaksanaan Kegiatan, terpantau 8 kendaraan roda empat dari luar Inhu yang masuk ke Inhu, dan 6 kendaraan roda 4 yang melintas keluar Inhu. 

Posko penyekatan dari dalam Inhu ataupun sebaliknya yang berada di Desa Seberida  Kecamatan Batang Gansal, mengerahkan 10 personel Polri, 4 personel TNI, 4 personel dari Dishub, 4 personel Satpol PP, 4 orang tenaga kesehatan, dan 2 personel dari KPBD.

Hingga berita ini diturunkan, belum ditemukan pelanggaran baik dari dalam Kab. Inhu menuju keluar Kab. Inhu dan sebaliknya.

Meski demikian, pengecekan terhadap para pengemudi dan penumpang Roda 4/lebih yang tidak memiliki rapid antigen yang dikeluarkan dari Rumah Sakit/Klinik terus dilakukan. 

Untuk daerah Perbatasan Kab. Indragiri Hulu – Kuantan Singingi, Posko Penyekatan berada di  Jalan Lintas Taluk Kuantan – Rengat, tepatnya di depan Kantor Desa Batu Rijal Barat, Kecamatan Peranap.

Adapun personel yang diterjunkan yakni 10 personel Polri, 2 personel TNI, 4 personel Satpol PP, 2 orang tenaga kesehatan dan 2 personel Dinas Perhubungan.

Sebanyak 2 unit kendaraan roda 2, 8 unit kendaraan Roda 4 dan 1 unit kendaraan roda 6 yang diperiksa  pada kegiatan penyekatan tersebut, dan tidak ada kendaraan yang diminta untuk putar balik.

Dari hasil kegaiatan tersebut belum ditemukan pemudik yang melewati penyekatan pada pos pintu keluar yang di jaga personel gabungan.

Personel juga secara rutin memberikan himbauan kepada masyarakat yang melintas agar selalu mematuhi prokes dan tidak melakkukan perjalanan mudik. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit) 
 

Berita lain terkait larangan mudik

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved