Breaking News:

Pelanggan SPAM di Kabupaten Siak Sudah Bisa Membayar Tagihan dengan Sistem Token

Pemkab Siak ubah pembayaran tagihan pelanggan untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari sistem konvensional ke siatem token.

Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinalsagita
Tribunpekanbaru.com
Bupati Siak Alfedri mengetes penggunaan kartu langganan SPAM untuk mendapatkan air bersih pada sistem Water Meter Prabayar dan Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar menjelaskan inovasi sistem pembayaran itu, Selasa (7/7/2020) di kampung Rempak, Siak Sri Indrapura. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemkab Siak ubah pembayaran tagihan pelanggan untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari sistem konvensional ke siatem token.

Saat ini sudah 2761 pelanggan yang mengganti meteran airnya ke sistem water meter token.

Inovasi itu mendapat apresiasi dari Kementrian PUPR, apalagi penerapan sistem ini pertama dan satu-satunya di Riau.

Karena hal tersebut pula, Kemetrian PUPR memberikan dana Hibah Insentif Desa (HID) untuk 10 desa senilai lebih kurang Rp 3 miliar untuk tahun 2021.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar mengatakan, pemasangan Water Meter Token 2020 dimulai di kecamatan.

Saat ini sudah berjalan ada di Dusun Pusako sebanyak 185 SR (Sambungan Rumah). Kemudian juga sudah berjalan dengan baik di kecamatan Lubuk Dalam, yakni dusun Lubuk Dalam sebanyak 238 SR dan desa Sialang Baru 400 SR.

Sementara di kecamatan Sabak Auh yang sudah berjalan ada di desa Bandar Sungai sebanyak 70 SR dan desa Bandar Pedada sebanyak 180 SR.

“Jadi total yang sudah berubah sistem ke sistem token sebanyak 1.059 SR. Jadi kita lanjutkan pada tahun 2021 ini, yang sudah selesai sebanyak 1.702 SR,” kata Irving Kahar, Rabu (5/5/2021).

Ia menambahkan, penambahan pengalihan sistem pada 2021 ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) kementrian PUPR dan dana APBD Pemkab Siak. Penambahan itu terjadi di kecamatan Sabak Auh, yakni desa Belading sebanyak 156 SR, desa Sungai Tengah sebanyak 105 SR.

Kemudian di Kecamatan Kerinci Kanan tepatnya di desa Delima Jaya sebanyak 135 SR. Sebanyak 1.306 SR dari pengadaan APBD tahun anggaran 2021.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved