Breaking News:

Kasus Penipuan Jual Beli Lahan di Siak, Ketua dan Bendahara KUD Asal Pelalawan Dijerat 4 Dakwaan

Sidang kasus penipuan jual beli lahan di Siak, Ketua dan Bendahara KUD asal Pelalawan dijerat empat dakwaan.

Internet
Ilustrasi - Sidang kedua kasus penipuan jual beli lahan di Siak digelar, Kamis (6/5/2021) dan Ketua dan Bendahara KUD asal Pelalawan dijerat empat dakwaan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Sidang kedua kasus penipuan jual beli lahan di Siak digelar, Kamis (6/5/2021) dan Ketua dan Bendahara KUD asal Pelalawan dijerat empat dakwaan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Siak Maria Pricilia membacakan surat dakwaan untuk ketua dan bendahara KUD Sialang Makmur Mawardi dan Darsino Musirin pada sidang di ruangan Cakra Pengadilan Negeri (PN) Siak Sri Indrapura.

Jaksa menjerat kedua terdakwa itu dengan 4 dakwaan dan 4 pasal alternatif. 

Sidang lanjutan perkara penipuan jual beli 122 Ha lahan antara KUD Tunas Muda di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak dengan KUD Sialang Makmur, Kabupaten Pelalawan itu dibuka hakim ketua Bangun Sagita Rambe dan didampingi dua hakim anggota Farhan Mufti Akbar dan Rina Wahyu Yulianti.

Dua terdakwa yang dihadirkan secara virtual dari Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura didampingi kuasa hukumnya Eko Saputra. 

Jaksa dalam membacakan surat dakwaannya mengatakan, untuk terdakwa Mawardi dan Darsino dijerat dengan 4 dakwaan dengan pasal alternatif.

Pasal -pasal yang menjerat kedua terdakwa adalah Pasal 263 ayat 2 jo 55 ayat 1 ke-1 KUHP atau pasal 385 ayat 1 atau pasal 378 jo 55 KUHP atau pasal 372 jo 55 KUHP. 

Pasal 263 ayat 2 KUHPidana, terkait menggunakan surat palsu, pasal 385 ayat 1 KUHPidana tentang penyorobotan lahan, Pasal 378 KUHPidana tentang penipuan dan pasal 372 KUHPidana tentang penggelapan. Kedua terdakwa diancam dengan 6 tahun penjara. 

“Jadi intinya ada 4 dakwaan tersebut, bahwa terdakwa menggunakan surat palsu, melakukan penyerobotan lahan, penipuan dan juga penggelapan,” kata Maria usai persidangan. 

Pihaknya akan lebih siap meghadapi kedua terdakwa dalam persidangan selanjutnya.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved