Breaking News:

Sholat Ied di Rumah, MUI Riau Angkat Bicara, Ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah dan Rukun Khutbahnya

Tahun 1442 Hijriah ini, terpaksa Sholat Ied di Rumah lagi, maka MUI Riau angkat bicara dan Ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Sholat Ied di Rumah, MUI Riau Angkat Bicara, Ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah dan Rukun Khutbahnya. Foto Ketua MUI Riau Ilyas Husti 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tahun 1442 Hijriah ini, terpaksa Sholat Ied di Rumah lagi, maka MUI Riau angkat bicara dan Ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah .

Pelaksanaan Sholat Ied di Rumah harus dijalani oleh warga Riau di beberapa daerah yakni khusus warag Riau yang berada di Zona Merah penyebaran Covid-19 .

Atas kondisi itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI Riau mengajak umat Islam untuk sami’na wa Atho’na, artinya dengar dan taati aturan yang sudah dibuat pemerintah soal aturan pelaksanaan Sholat Ied di Rumah atau sholat sunat hari raya Idul Fitri di rumah masing-masing tersebut, karena kebijakan yang dibuat juga demi kebaikan bersama.

"Jadi umat Islam harus Sami'na Wa Atha'na, itu saja yang harus dilakukan dengan kondisi saat ini,"ujar Ilyas Husti kepada tribunpekanbaru.com.

Menurut Ilyas Husti, meskipun menjalankan jemaah ibadah Sholat Ied di rumah masing-masing, tentunya tidak akan mengurangi kekhususan dan nilai ibadah.

"Tahun lalu juga demikian, silahkan menjalankan ibadah di rumah masing-masing, dengan keluarga masing-masing,"ujarnya.

Begitu juga dengan silaturrahmi menurut Ilyas Husti cukup dilakukan secara virtual saja, karena meskipun secara virtual tidak akan mengurangi niat baik silaturrahmi.

"Cukup sederhana saja silaturrahmi secara virtual bisa, banyak alat dan teknologi yang bisa mendukung itu,"ujarnya.

Sebelumnya MUI Riau juga sudah menyepakati setelah rapat bersama Kakanwil Kementerian Agama Riau dan ormas Islam di Riau terkait pengaturan Sholat Ied terutama di daerah zona merah dan oranye.

"Kami sudah rekomendasi ke pemerintah daerah sebagai bahan pertimbangan dan tentunya juga berdasarkan pertimbangan dari Tim satgas Covid,"ujarnya.

Walikota Pekanbaru Firdaus: Sholat Ied di Rumah

Pekanbaru Zona Merah , Walikota Pekanbaru Firdaus menegaskan agar Sholat Ied di Rumah saja, ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah .

Pekanbaru Zona Merah berdasarkan peta penyebaran covid-19 di nasional, maka Walikota Pekanbaru Firdaus menegaskan agar warga Pekanbaru Sholat Ied di Rumah saja, ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah .

Artinya, Walikota Pekanbaru Firdaus tidak mengizinkan warga Pekanbaru menggelar Sholat Ied di lapangan atau sholat sunat hari raya Idul Fitri 1442 H di lapangan atau masjid, yang diizinkan adalah Sholat Ied di Rumah saja, ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah .

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved