Breaking News:

Siak Zona Merah, Bupati Siak Sholat Ied di Rumah Bareng Keluarga, Ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah

Siak masuk dalam Zona Merah penyebaran Covid-19, Bupati Siak Alfedri pun merencanakan Sholat Ied di Rumah atau sholat sunat hari raya salat Idul Fitri

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nolpitos Hendri
TRIBUN JABAR
Siak Zona Merah, Bupati Siak Sholat Ied di Rumah Bareng Keluarga, Ini Tata Cara Sholat Ied di Rumah. Foto: Ilustrasi Sholat Ied di Rumah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Siak masuk dalam Zona Merah penyebaran Covid-19, Bupati Siak Alfedri pun merencanakan Sholat Ied di Rumah atau sholat sunat hari raya salat Idul Fitri 1442 H berjamaah di rumah saja.

Sholat Ied di Rumah yang digelar ini juga hanya diikuti oleh pihak keluarganya saja, meliha kondisi saat ini Siak masuk dalam Zona Merah penyebaran Covid-19. 

“Tahun lalu kami juga hanya Sholat Ied di Rumah saja. Tahun ini kondisi kabupaten Siak masuk dalam Zona Merah penyebaran Covid-19, sehingga ada kebijakan dari Mendagri yang diteruskan gubernur kepada kita, bahwa yang zona oranye dan merah tidak menggelar Sholat Ied di lapangan, masjid atau musala,” kata Alfedri, Kamis (6/5/2021).

Selain itu, Alfedri juga meniadakan open house pada hari raya Idul Fitri 1442 H ini.

Ia hanya akan merayakan Idul Fitri di dalam rumah bersama keluarga dan family dekat.

Di rumah dinasnya juga disediakan fasilitas cuci tangan, masker dan alat pengukur suhu tubuh sekaligus bersama petugasnya. 

“Kondisi seperti ini sudah 2 tahun kita alami, demi menjaga keselamatan kita bersama.

Kita harus banyak berdoa agar pandemi Covid 19 ini hilang dari bumi,” kata dia. 

Meskipun pelaksanaan lebaran Idul Fitri dua tahun terakhir berbeda dari tahun-tahun sebelunya, namun tidak mengubah nilainya. Silaturrahmi melalui telepon seluler tetap dilaksanakan, maaf-maafan dan menuju ketakwaan. 

“Kegiatan di hari lebaran itu palingan silaturrahmi virtual bersama Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota se Riau, ya mengucapkan minal aidin wal faizin lah secara virtual,” kata Alfedri. 

Pihaknya juga mengirim surat edaran kepada para camat se kabupaten Siak untuk melarang masyarakat menggelar Sholat Ied di masjid, surau atau lapangan.

Dalam surat edaran itu diminta masyarakat salat berjemaah di rumah masing-masing. 

“Kemudian kita juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan kumpul-kumpul, menggelar acara yang mengundang kerumunan orang atau kegiatan lain yang menimbulkan potensi klaster baru Covid 19,” kata dia. 

Ia juga meminta agar masyarakat Siak mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid 19.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved