Breaking News:

Video Berita

Video: Agen Perjalanan Hentikan Aktifitas Pelayaran di Pelabuhan Inhil Selama Masa Larangan Mudik

Pelabuhan di Kabupaten Inhil sudah menghentikan aktifitas layanan penumpang luar Provinsi pada hari pertama larangan mudik, Kamis (6/5/2021)

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN – Pelabuhan di Kabupaten Inhil sudah menghentikan aktifitas layanan penumpang luar Provinsi pada hari pertama pengetatan larangan mudik, Kamis (6/5/2021).

Tidak adanya keberangkatan dan kedatangan dari luar provinsi ini berdasarkan keputusan agen perjalanan yang memang menghentikan aktifitas pelayaran selama masa pengetatan larangan mudik pada 6 – 17 mei 2021.

Agen perjalanan kapal tujuan akhir serta kedatangan Batam dan Tanjung Balai Karimun telah mengajukan surat pemberitahuan pemberhentian sementara pelayaran kepada otoritas pelabuhan dan pihak terkait setempat.

Seperti yang terpantau di Pelabuhan Pelindo Tembilahan yang melayani rute Tembilahan – Batam dan Tanjung Balai Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Menurut Kepala Kesyahbandaraan Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tembilahan, Capt Suratno, sesuai arahan Menteri pihaknya tidak menutup pelabuhan dan memberlakukan ketentuan khusus bagi agen perjalan yang ingin beroperasi pada masa pengetatan larangan mudik ini, khusus untuk tujuan Batam dan Tanjung Balai Karimun.

Terkait hal ini, KSOP Tembilahan juga sudah mengkonfirmasi para agen atau operator apakah akan beroperasi atau tidak beroperasi, hingga akhirnya agen menyampaikan bahwa tidak beroperasi mengingat operasional tidak tercukupi dengan jumlah penumpang.

“Mulai tanggal 6 mei agen menghentikan sementara sampai tanggal 17 mei dan akan melakukan pelayaran kembali pada 18 mei. Ini sesuai surat yang diajukan ke kami, tidak beroperasi sama sekali sekali atas permintaan agen atau operator,” ungkap Suratno kepada Tribun pekanbaru.

Namun bagi masyarakat Inhil yang ingin berpergian selama masa pengetatan larangan mudik jangan khawatir, Suratno menambahkan, agen perjalanan lokal tujuan Pulau Burung dan sekitarnya masih beroperasi seperti sedia kala untuk melayani aktifitas masyarakat selama 6 - 17 Mei di Pelabuhan Pelindo Tembilahan.

“Terminal penumpang dalam kabupaten boleh beroperasi. Tapi harus sesuai protokol kesehatan tidak dibenarkan mengangkut penumpang mudik dan dia tidak mengangkut di luar KTP Inhil kecuali ada dokumen kesehatan lengkap. KTP bukan Inhil wajib menunjukan dokumen kesehatan yang akan diverifikasi oleh petugas di posko pengendalian,” jelasnya.

Selain itu, dikatakan Suratno, khusus untuk layanan kargo atau logistik masih beroperasi seperti biasa berjalan dan tidak ada masalah atau penghentian sama sekali.

Halaman
12
Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: aidil wardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved