Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Ketua DPRD Pekanbaru Desak Realisasikan Masterplan Penanganan Banjir, Agar Titik Banjir Minim

Sejak beberapa hari terakhir, titik banjir di Kota Pekanbaru sudah menunjukkan trend ke arah yang lebih baik.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah anak-anak berusaha mendorong kendaraan motor yang mogok akibat menerobos banjir di Jalan Jenderal Sudirman Ujung dekat Jembatan Siak IV, Pekanbaru, Rabu (28/4/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejak beberapa hari terakhir, titik banjir di Kota Pekanbaru sudah menunjukkan trend ke arah yang lebih baik.

Bahkan pemerintah sudah mulai melakukan normalisasi sungai, yang ada di Kota Pekanbaru. Di antaranya Sungai Sail.

Selain normalisasi sungai, legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru meminta, agar masterplan penanganan banjir segera direalisasikan.

Sebab, di masterplan penanganan banjir tersebut, tidak hanya melakukan normalisasi sungai, tapi juga ada langkah kongkrit lainnya.

"Maksimalkan semua potensi yang ada, sehingga bisa mengatasi masalah banjir Pekanbaru," tegas Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani SIP, Jumat (7/5/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Langkah kongkrit yang harus dilakukan Pemko Pekanbaru, yang juga Pemprov Riau yang memang punya kewenangan mengatasi banjir ini, membuat rencana jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Setidaknya, kondisi sekarang, perlu dilakukan upaya jangka pendek seperti pengerukan dan pembersihan parit, mengaliri air yang tersumbat, hingga di hilirnya melakukan normalisasi sungai.

Selain itu, lakukan pembenahan di titik-titik banjir yang kongkrit, sehingga jika hujan mengguyur lagi, tidak terjadi banjir di tempat yang sama.

"Intinya, persoalan banjir ini harus ditangani secara komprehensif. Bukan untuk satu dua hari, apalagi hanya asal-asalan," tegasnya.

Menurut Hamdani, masalah banjir ini merupakan persoalan klasik, yang sudah lama terjadi di Kota Pekanbaru. Harusnya sekarang, tidak separah sebelumnya.

"Itu tadi, semuanya saling berkaitan. Terutama dalam pemberian izin kepada pengembang, termasuk pengawasannya secara berkala. Ini yang masih lemah kita lihat. Sehingga pembangunan sembarangan saja. Kami minta ini harus jadi perhatian serius ke depannya," pinta Politisi PKS ini.

Sebelumnya, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, mengatakan, untuk persoalan banjir ini sudah menjadi keinginan yang tinggi oleh pemerintah, untuk segera diselesaikan.

Bahkan kini Pemko Pekanbaru sudah punya masterplan penanganan banjir.

"Kendalanya selama ini karena anggaran. Namun ke depan, kita akan prioritaskan, dengan sharring budget dengan Pemprov Riau dan pemerintah pusat," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  
 

--

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved