Breaking News:

Jelang Lebaran, Walikota Pekanbaru Firdaus Tegaskan ASN Jangan Terima Gratifikasi

Firdaus meminta para ASN jangan memanfaatkan kondisi pandemi covid-19 atau hari raya untuk melakukan tindakan yang koruptif.

Penulis: Fernando | Editor: Sesri
TRIBUNPEKANBARU/FERNANDO SIKUMBANG
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menegaskan agar jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan.

Apalagi berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya sebagai ASN.

Firdaus meminta para ASN jangan memanfaatkan kondisi pandemi covid-19 atau hari raya untuk melakukan tindakan yang koruptif.

"Semua tindakan itu menimbulkan konflik kepentingan, bertentangan dengan kode etik hingga beresiko terkena sanksi pidana," tegasnya, Minggu (9/5/2021).

Firdaus mengaku sudah menerbitkan surat edaran terkait pencegahan korupsi dan pengendalian gratifikasi terkait hari raya di Kota Pekanbaru.

Baca juga: Walikota Pekanbaru Firdaus Ingatkan Masyarakat untuk Tidak Mudik, Kalau Maksa Diminta Putar Balik

Baca juga: Mayoritas Kelurahan di Pekanbaru Masuk Zona Merah Covid-19, Ini Kata Wali Kota Firdaus

Ia menegaskan agar tidak ada satu pun ASN menerima atau meminta gratifikasi.

Dirinya juga melarang para ASN melakukan permintaan dana, sumbangan atau hadiah sebagai Tunjangan Hari Raya (THR) atau sebutan lainnya.

Mereka yang menerima gratifikasi berupa makanan bisa menyalurkan bantuan sosial kepada panti asuhan, panti jompo atau lokasi lainnya.

Mereka juga harus melaporkan hal itu ke Unit Pengendalian Gratifikasi Kota Pekanbaru. Ia juga menegaskan kepada seluruh perangkat daerah dan BUMD tidak boleh memberi gratifikasi dalam bentuk apapun

Pimpinan asosiasi, perusahaan, korporasi dan masyarakat bisa menghindari praktek gratifikasi. Para ASN juga diingatkan agar tidak memakai fasilitas dinas untuk kepentingan pribadi.

"Kita juga ingatkan agar tidak ada yang memakai fasilitas dinas untuk kepentingan pribadi," jelasnya.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved