Breaking News:

Video Berita

VIDEO - WHO Tetapkan Madinah Jadi Kota Paling Sehat di Dunia: Lingkungan Fisik dan Sosial Berkembang

Status Kota Sehat diberikan setelah tim WHO yang belum lama ini berkunjung ke kota dengan populasi lebih dari 2 juta itu pada awal tahun 2021 lalu.

Editor: jefri irwan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Madinah merupakan sebuah kota di Hejaz, sekaligus ibu kota dari Provinsi Madinah di Arab Saudi.

Tak cuma dikenal sebagai kota paling suci kedua setelah Mekkah, Madinah juga menjadi satu kota paling sehat di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Kota Madinah sebagai satu kota paling sehat di dunia.

Status ini diberikan setelah tim WHO yang belum lama ini berkunjung ke kota dengan populasi lebih dari 2 juta itu pada awal tahun 2021 lalu.

Hasil kunjungan tersebut menetapkan, kota Madinah sebagai kota pertama yang diakui di bawah program kota sehat organisasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Kota Madinah sebagai satu kota paling sehat di dunia. Status ini diberikan setelah tim WHO yang belum lama ini berkunjung ke kota dengan populasi lebih dari 2 juta itu pada awal tahun 2021 lalu.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Kota Madinah sebagai satu kota paling sehat di dunia. Status ini diberikan setelah tim WHO yang belum lama ini berkunjung ke kota dengan populasi lebih dari 2 juta itu pada awal tahun 2021 lalu. (Konevi /Pixabay)

Madinah juga disebut memenuhi semua standar global yang diperlukan untuk menjadi kota sehat.

"Kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial dan memperluas sumber daya masyarakat yang memungkinkan penduduk saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal,” bunyi pernyataan WHO, dikutip dari Arab News pada Minggu (24/1/2021) lalu.

Kriteria tersebut dinilai terpenuhi oleh kota suci umat islam ini. Madinah juga disebut memenuhi tujuan yang ditetapkan Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program "Kota Manusiawi".

Sebanyak 22 organisasi pemerintah, komunitas, lembaga amal, serta relawan di Madinah membantu mempersiapkan status Kota Sehat Madinah.

Program Kota Sehat Madinah juga menggandeng Universitas Taibah yang mencatat semua persyaratan dan prosedur pemerintah berdasarkan aturan, bukti, serta prosedur bertaraf global, melalui platform elektronik. Ini membantu tim WHO dalam memberikan penilaian.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved