Breaking News:

INGAT! Jangan Lagi Goyangkan Mobil saat Mengisi BBM, Karena Berbahaya!

hal tersebut dipercaya untuk membantu bahan bakar terkait masuk secara optimal ke tangki di samping mempercepat penyebaran alirannya.

Editor: Firmauli Sihaloho
TRIBUNPEKANBARU/ALEXANDER
ILLUSTRASI: Ini Dia 21 SPBU di Pekanbaru yang Menjual Pertalite Seharga Premium, Simak Daftarnya! Foto: Aktivitas di beberapa SPBU Pekanbaru yang menjual Pertalite dengan harga Premium, Minggu (21/3/2021).. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dewasa ini perilaku yang salah kaprah dalam memiliki serta merawat mobil masih kerap ditemui.

Satu diataranya kebiasaan menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

Pasalnya, hal tersebut dipercaya untuk membantu bahan bakar terkait masuk secara optimal ke tangki di samping mempercepat penyebaran alirannya.

Dengan begitu, muatan bensin yang bisa ditampung akan lebih banyak dibandingkan biasanya atau didiamkan saja. Padahal, ini sama sekali tidak ada manfaatnya, malah mengundang bahaya.

Ilustrasi SPBU.KOMPAS.com/Nursita Sari Ilustrasi SPBU.

“Mungkin saja ada yang beranggapan bahwa dengan menggoyangkan mobil maka udara yang ada di dalam tangki akan cepat keluar,” ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, di dalam tangki bahan bakar memang ada udaranya. Tetapi, menurut Didi tanpa digoyangkan pun udara tersebut juga akan keluar dengan sendirinya saat terisi bensin.

Sehingga, menggoyangkan mobil justru dianggap sebagai perbuatan yang sia-sia saja dan tidak perlu dilakukan.

"Udara di dalam tangki dipercepat keluarnya saja, kalau tidak digoyang pun tidak apa-apa karena udara pasti akan ke atas karena terdesak oleh bensin," kata Didi.

Baca juga: Apakah Puasa Syawal Harus Dilakukan 6 Hari Berturut-turut? Kapan Waktu Dimulainya?

Baca juga: Klaster Keluarga Muncul Lagi di Dua Wilayah, Tambah 18 Kasus Covid-19 di Pelalawan Hari Ini

Baca juga: INILAH Roket Pejuang Hizbullah: Dulu Disebut Roket Bodoh tapi Kini Buat Israel Meradang

"Perilaku tersebut sebenarnya malah menimbulkan potensi kebakaran karena ada pergesekkan antara nozzle dengan lubang tangki.

Itu bisa menimbulkan percikan api, besi ketemu besi," kata Paimin, Kepala SPBU Pertamina MT Haryono di kesempatan terpisah.

Paimin juga mengatakan, meski gesekan yang terjadi cukup kecil tetap saja bisa memicu timbulnya listrik statis. Jika ini terjadi, bisa saja muncul api dan mudah tersambar oleh BBM yang mengalir.

SUMBER

 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved