Breaking News:

TIPS KESEHATAN

Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini Sejumlah Manfaat Teh Daun Jati Cina

Berikut ini sejumlah manfaat teh daun jati Cina, satu diantaranya ampuh turunkan kolestrol

Editor: M Iqbal
Unsplash
Ilustrasi teh daun jati cina(Unsplash) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Akhir-akhir ini banyak teh daun jati dijual untuk diseduh maupun berbentuk kapsul untuk dikonsumsi sebagai jamu.

Teh daun jati dipercaya memiliki efek laksatif yang bermanfaat untuk menangani konstipasi dan menurunkan berat badan.

Pada teh daun jati ditemukan beberapa komponen bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah senosida yang berfungsi sebagai laksatif dan bisa mengatasi konstipasi.

Teh daun jati bekerja dengan dua cara, yaitu meningkatkan pergerakan usus untuk mengeluarkan sisa makanan dan merubah penyerapan air agar sekresi usus lebih baik.

Teh daun jati cina cukup aman jika dikonsumsi dalam dosis rendah. Selain itu, teh daun jati juga terbukti memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat teh daun jati cina untuk kesehatan.

Baca juga: Memilukan, Pasien Covid-19 Ini Tewas setelah Diperkosa Seorang Perawat yang Berperangai Buruk

Menurunkan kolesterol

Teh daun jati cina terbukti bisa menurunkan kaar kolesterol dalam darah. Mekanisme kerjanya adalah dengan sifat laksatif yang ada pada teh daun jati cina. Sifat ini membuat makanan berada di dalam usus dalam waktu yang lebih singkat, meningkatkan eliminasi lemak, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengatasi konstipasi

Teh daun jati terbukti meningkatkan aktivitas usus sehingga bisa mengatasi konstipasi. Pada kebanyakan orang, efek laksatif ini akan terasa 6-12 jam setelah mengonsumsi teh daun jati.

Membersihkan kolon sebelum pemeriksaan radiologi

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved