Breaking News:

Semua Kontak Erat Harus Diperiksa, Diskes Pelalawan akan Beli 5 Ribu Alat Rapid Test Antigen

Pembelian alat pendeteksi virus corona itu sebagai langkah dalam memperketat proses tracing contact terhadap pasien terkonfirmasi positif Covid-19

Penulis: johanes | Editor: Sesri
TRIBUN PEKANBARU / JOHANES WOWOR TANJUNG
Kepala Diskes Pelalawan, H Asril M.Kes, 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan Riau berencana membeli alat rapid test antigen sebanyak 5.000 unit pekan depan.

Penambahan alat rapid tes antigen untuk meningkatkan penanganan terhadap penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Alat rapid antigen akan dibelanjakan dalam waktu dekat, setelah disetujui oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pelalawan.

Pembelian alat pendeteksi virus corona itu sebagai langkah dalam memperketat proses tracing contact terhadap pasien terkonfirmasi positif Covid-19, serta melacak penyebaran virus yang berasal dari seorang pasien.

"Setelah dibeli, alat itu akan kita distribusikan ke seluruh Puskesmas untuk dipakai dalam tracing kontak," beber Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan, Asril M.Kes, kepada tribunpekanbaru.com, Sabtu (15/05/2021).

Baca juga: Klaster Keluarga Muncul Lagi di Dua Wilayah, Tambah 18 Kasus Covid-19 di Pelalawan Hari Ini

Asril menyebutkan, pembelian alat test antigen sesuai dengan instruksi Bupati Pelalawan H Zukri, yang memerintahkan semua warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 agar diperiksa.

Hasil penelusuran kontak pasien dilakukan rapid test antigen, baik bagi yang bergejala klinis maupun tidak merasakan keluhan sama sekali.

Kemudian jika hasil pemeriksaan menunjukan reaktif atau positif, dilanjutkan dengan pemeriksaan swab PCR yang lebih akurat lagi.

Selanjutnya bisa diputuskan jika seseorang yang positif corona direkomendasikan isolasi rumah sakit atau isolasi mandiri.

"Selama ini yang kita periksa hanya kontak erat yang bergejala. Sekarang semua kontak erat dirapid test antigen, walaupun tanpa gejala," tandas Asril.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved