Breaking News:

Bupati Pelalawan Terima Laporan Dugaan Pemotongan Gaji Guru, Disdikbud Berikan Klarifikasi Ini

Bupati Pelalawan, H Zukri, mendapatkan pengaduan adanya pemotongan gaji guru yang dilakukan oleh Disdikbud

Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Plt Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pelalawan, Martias M.Pd 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Bupati Pelalawan, H Zukri, mendapatkan pengaduan adanya pemotongan gaji guru yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang dinilai memberatkan pada bulan Mei ini.

Bupati Zukri menerima laporan terkait pemotongan itu melalui aplikasi bantu guru milik Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau.

Dalam pengaduan itu disebutkan banyaknya pemotongan penghasilan guru mulai dari gaji, TPP, dan sertifikasi yang totalnya hingga 8,5 persen. 

"Saya sudah minta Dinas Pendidikan untuk memberikan klarifikasinya. Apakah itu sesuai aturan dan apa dasarnya. Agar tidak jadi polemik," beber Bupati Zukri kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (18/05/2021).

Dalam pengaduan itu dirincikan persentasi jenis potongan tersebut diantaranya untuk guru golongan 3 potongan pajak 5 persen, kemudian 2,5 persen zakat profesi, dan 1 persen iuran BPJS. Untuk golongan 4 pajak sebesar 15 persen, zakat 2,5 persen, dan BPJS 1 persen.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Disdikbud Pelalawan, Martias M.Pd, memberikan klarifikasi atas pengaduan tersebut.

Ia menyatakan pembayaran gaji guru PNS tidak ada potongan dan jumlah yang ditransfer sesuai dengan jumlah bersih pada amprah gaji.

Kemudian pembayaran TPP PNS terdapat beberapa jenis potongan yang dilakukan secara otomatis oleh sistem diantaranya PPh 21 untuk golongan l dan ll 0 persen, golongan lll 5 persen, dan golongan lV 15 persen.

Baca juga: Guru MDA Ada Kabar Gembira,Hari Ini Disdikbud Pelalawan Pastikan Bayar Gaji Langsung Rapel 4 Bulan

Baca juga: Bupati Pelalawan Zukri dan Wabup Nasarudin Menangis Saat Bahas Gaji Guru MDA di Coffee Morning

BPJS 1 persen, zakat profesi 2,5 persen yang dipotong bendahara dan disetor langsung ke rekening Badan Amil Zakat (BAZ) Pelalawan. 

Demikian juga dengan tunjangan profesi yang dibayarkan terdapat beberapa potongan yang jenis dan persentasi sama dengan dengan pemotongan TPP. 

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved