Breaking News:

Sidang Penipuan Jual Beli Lahan,JPU Sebut Eksepsi PH Terdakwa Tak Berkualitas,Majelis Layak Menolak

Sidang lanjutan penipuan jual beli lahan, JPU sebut eksepsi PH terdakwa tak berkualitas, majelis layak menolak

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/MAYONAL PUTRA
JPU Kejari Siak, Emilia Herman menyerahkan salinan replik kepada PH Terdakwa perkara penipuan jual beli lahan, Dwi Setiarini dan Eko Saputra pada sidang lanjutan, Jumat (21/5/2021) di PN Siak. Tribunpekanbaru.com/Mayonal Putra 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Sidang lanjutan penipuan jual beli lahan, JPU sebut eksepsi PH terdakwa tak berkualitas, majelis layak menolak.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Siak menanggapi nota keberatan terdakwa Mawardi dan Darsino (Ketua dan Bendahara KUD Sialang Makmur), Jumat (21/5/2021).

Dalam sidang lanjutan perkara dugaan penipuan jual beli lahan koperasi seluas 122 Ha di Pengadilan Negeri (PN) Siak.

JPU Emilia Herman menegaskan dalam sidang tersebut bahwa eksepsi Penasihat Hukum (PH) yang tidak berkualitas untuk membatalkan surat dakwaannya.

“Sudah selayaknya kami meminta agar majelis tidak mempertimbangkan atau menolak secara keseluruhan nota keberatan PH terdakwa, sehingga perkara ini dapat dilanjutkan dengan surat dakwaan sebagai dasar,” kata Emilia Herman secara lantang.

Emilia melanjutkan, PH terdakwa dalam nota keberatannya mengatakan surat dakwaan JPU kabur, tidak jelas, tidak lengkap dan tidak cermat.

Selain itu, PH terdakwa juga mengatakan bahwa dakwaan tidak menjelaskan peranan dari kedua tersangka dalam perkara itu.

Kemudian PH terdakwa juga menyebut bahwa terdakwa tidak pernah bertindak atas nama KUD Maju Bersama melainkan hanya bertindak sebagai pengurus KUD Sialang Makmur.

“Dari semua nota keberatan itu, kami menilai sudah masuk ke ranah pokok perkara, padahal eksepsi seharusnya tidak boleh menyinggung pokok perkara sebagaimana hukum acara pidana,” kata Emilia.

Menurut Emilia, JPU sudah menguraikan fakta dalam surat dakwaan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved