Breaking News:

Pemkab Siak Usir Covid-19 dengan Ritual Ghatib Beghanyut

Banyak cara dilakukan Pemkab Siak untuk memutus mata rantai Covid-19 di kabupaten itu.

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri mengangkat kedua tangannya berdoa pada kegiatan Ritual Ghatib Beghanyut, Kamis (21/5/2021) malam di atas kapal ferry di Sungai Siak 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Banyak cara dilakukan Pemkab Siak untuk memutus mata rantai Covid-19 di kabupaten itu.

Mulai dari pengetatan penerapan Protokol Kesehatan, memberikan vaksin gratis, menyiapkan tenaga medis, bantuan Sembako untuk keluarga tidak mampu yang harus tetap di rumah hingga menggelar doa dan tradisi ghatib beghanyut.

Ghatib Beghanyut merupakan ritual tolak bala yang dilaksanakan oleh masyarakat muslim Siak Sri Indrapura. Ritual ini dilakukan sejak zaman kesultanan dan dijadikan tradisi hingga sekarang.

Ritual ini dilaksanakan pada Kamis (20/5/2021) malam. Kegiatan langsung dibuka Bupati Siak Alfedri yang dilakukan di atas kapal fery di atas sungai Siak.

Ritual tahun ini dikhususkan untuk mengusir wabah Covid-19 dari Siak.

Dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui zikri dan do'a di atas permukaan air Sungai Siak mengunakan perahu.

"Mari sama-sama kita berdoa kepada Allah SWT, agar Kabupaten Siak dijauhkan dari segala marabahaya, musibah virus Covid-19 segera Allah angkat dari negara kita khususnya di Kabupaten Siak", ujar Alfedri, di Pelabuhan LLASDP Siak, sebelum kapal fery itu berlayar.

Alfedri bersama pemuka agama dan masyarakat yang ikut dalam ritual ini menggelar doa -doa di atas kapal itu. Sementara kapal mengikuti arus sungai Siak dari pelabuhan LLASDP hingga pasar Belantik, kampung Suak Lanjut, Siak.

Ia menjelaskan, Ghatib Beghanyut merupakan tradisi ritual tolak bala agar seseorang maupun masyarakat terhindar dari musibah, penyakit, kejadian-kejadian buruk. Saat ini masa pandemi Covid-19, melalui ritual itu ia berharap masyarakat Siak tidak dihinggapi Covid-19 tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan secara turun temurun setiap tahun. Selain menolak bala juga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved